H. Yulfadri Nurdin Tinjau Langsung Warga Meninggal Dunia Akibat Longsor di Andaleh

Jum’at siang tanggal 05 Juni 2020, Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH didampingi oleh Kalaksa BPBD Armen, AP dan Kadis Perhubungan M. Jhony serta Kadis Sosial Yandra Prasat, Camat Hiliran Gumanti Romi Hendrawan beserta rombongan lainnya meninjau langsung lokasi musibah longsor dan mendatangi keluarga korban di kawasan Andaleh, Jorong Sariak Ateh, Nagari Sariak Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, Dalam pertemuannya dengan keluarga korban dan masyarakat sekitar, Wakil Bupati berharap seluruh masyarakat tabah dan bersabar dengan musibah yang terjadi.

Yulfadri Nurdin mengatakan bahwa musibah ini datang dari Allah dan beliau berbuat sekehendak hati. Sebagai saudara sesama muslim, yang jelas kita ikut perihatin dengan musibah yang melanda daerah kita. Semoga keluarga yang mendapat musibah (meninggal dunia) diterima oleh Allah SWT dan yang di tinggal dalam keadaan sabar dan tabah.

Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin juga menyampaikan duka yang sangat mendalam tentang terjadinya musibah tersebut. Pemerintah Kabupaten Solok sudah memerintahkan melalui pihak BPBD dan Dinas Sosial, segera turun ke lokasi untuk mendata dan memberi batuan kepada keluarga korban.

Bacaan Lainnya

Yulfadri juga meminta seluruh warga Kabupaten Solok untuk tetap waspada terhadap berbagai musibah, karena wilayah Kabupaten Solok berada pada lembah dan perbukitan.

Kita himbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Solok untuk tetap waspada, terutama mereka yang bermukim di kawasan yang rawan longsor.

Kemudian Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin bersama rombongan Pemkab Solok mengunjungi rumah korban longsor di Andaleh, Jorong Sariak Ateh, Nagari Sariak Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok.

Sebelumnya, longsor menghantam Kawasan Andaleh, Jorong Sariak Ateh, Nagari Sariak Alahan Tigo, Kabupaten Solok, Jumat dini hari (05 Juni 020), sekira pukul 02.00 WIB karena itensitas hujan sangat tinggi, Akibatnya, satu rumah permanen milik Tarmizi (46 tahun) rusak parah dan dua orang yang masih berstatus pelajar ditemukan tewas. Sementara satu orang lainnya luka-luka. Para korban longsor di evakuasi masyarakat setempat ke Puskesmas Talang Babungo.

Evakuasi korban bencana longsor tersebut dilakukan oleh masyarakat bersama aparat pemerintah nagari Sariak Alahan Tigo kepada dua korban yang meninggal, masing-masing Melsa Gustia Putri (20) dan Rafki Aulia Zikra (14). Keduanya berstatus pelajar.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Solok Armen AP, menyatakan pihaknya langsung menurunkan tim untuk penanganan peristiwa tersebut.

Korban sudah dievakuasi. Kita sedang menunggu data selanjutnya dari Wali Nagari Sariek Alahan Tigo, jelas Armen AP.

Selanjutnya jajaran Polsek Hiliran Gumanti yang dipimpin oleh Kapolsek IPTU Azirman, SH langsung mendatangi TKP untuk melakukan evakuasi terhadap korban yang meninggal serta yang mengalami luka-luka.

(Andar MK)

Pos terkait