Pemkab Solok Rapat Evaluasi Realokasi dan Refocussing Anggaran Daerah

Pemerintah Kabupaten Solok menggelar rapat evaluasi realokasi dan refocussing anggaran daerah dirumah Dinas Bupati Solok Arosuka (Guest House), pada hari Jum’at, (15/05/2020).

Gelaran rapat tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Solok (H. Gusmal, SE, MM) dan Sekda Kab. Solok (Aswirman, SE, MM) serta Asisten Koor. Administrasi (Sony Sondra), kemudian hadir juga Asisten Koor. Ekbangkesra (Medison) dan Kepala SKPD di Lingkup Pemkab Solok beserta jajaran serta Camat se-Kabupaten Solok.

Pada saat gelaran rapat tersebut Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM mengatakan bahwa refocussing ini dalam rangka memfokuskan kembali belanja yang memungkinkan untuk realokasi anggaran pencegahan penanganan Covid-19 di Kabupaten Solok.

Bacaan Lainnya

“Karena Covid-19 ini adalah sebagai pandemi global dan sangat berdampak pada perubahan APBD tahun 2020 (tidak lagi memfokuskan pada pencapaian target RPJMD tahun 2020 Kabupaten Solok,” tambahnya.

Kemudian, Bupati juga menjelaskan bahwa anggaran yang dapat direalokasi ialah kegiatan yang secara umum kurang prioritas, dana yang masih diblokir, dana yang belum ditenderkan serta kegiatan yang dibatalkan karena situasi berubah seperti saat Covid-19 ini.

Selanjutnya H. Gusmal, juga menerangkan bahwa untuk menindaklanjuti SKB mendagri dan menkeu tanggal 09 April 2020 tentang percepatan penyesuaian APBD tahun 2020 dalam rangka penanganan Covid-19 serta pengamanan daya beli masyarakat dan perekonomian nasional, pemerintah daerah telah melakukan refocussing untuk belanja modal sebesar 38%, belanja barang dan jasa 19% yang direlokasikan untuk belanja BTT sebesar lebih kurang 35 Milyar. 

“Saat ini diperlukan pemahaman secara bersama-sama mengenai penggunaan anggaran yang telah direfocussing pada masing-masing SKPD untuk dapat direalokasi tepat sasaran,” tegasnya.

“Kemudian untuk realokasi program kegiatan direkomendasikan dalam beberapa hal antara lain belanja bidang kesehatan dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19, penyediaan jaring pengamanan sosial serta penanganan dampak ekonomi yang diakibatkan oleh situasi dan kondisi yang terjadi saat ini,” tutur Bupati.

Terakhir Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM berharap, semoga Covid-19 ini dapat cepat teratasi dan berlalu sehingga sisa anggaran yang direalokasikan baik untuk BTT dan dari kegiatan tersebut dapat dipergunakan kembali kepada kegiatan semula.

(Andar MK)

Pos terkait