Dinas Sosial Mentawai Bantuan 18.8 Ton Beras Korban Bencana Banjir di Siberut

Pemda Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumatera Barat, melalui Dinas Sosial sudah bergerak mendistribusikan bantuan beras terdampak bencana banjir sebanyak 18, 8 Ton, dibawa melalui dua kapal antar pulau KM. Nade dan KM Bakat Manuang ,milik Pemda Mentawai, dikirimkan minggu (03/05).

Bantuan beras ini, nantinya disalurkan ke wilayah yang terdampak banjir di Kecamatan Siberut Utara, Siberut Selatan, Siberut Barat, Siberut Tengah, Siberut Barat Daya, dimana sejak Jumat malam (01/05/2020) hingga berita ini dilansir curah hujan masih tinggi.

Dalam hal ini, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (DAP3A) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Nicolaus Sorot Ogok mengatakan kita sudah salurkan cadangan pangan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai sebanyak 18.8 ton beras untuk wilayah yang terdampak banjir, kita akan kirimkan melalui Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mentawai ke Pulau Siberut.

Bacaan Lainnya

“Kita mengunakan dua kapal antar pulau milik Pemda Mentawai, KM. Nade tujuan Siberut Utara, Siberut Tengah dan kapal KM. Bakat Manuang untuk wilayah Siberut Barat, Siberut Barat Daya,” kata Nicolaus Sarok Ogok kepada awak media Sabtu (02/05/2020).

“Meski kata dia, sekarang ini bencana yang datang ke daerah kita Kepulauan Mentawai wabah pandemi Covid-19 dan bencana banjir di wilayah Pulau Siberut, stok beras cadangan Pemerintah Kepulauan Mentawai masih mencukupi, namun bila nanti kurang kita akan datangkan lagi dari Provinsi,” katanya.

“Selain bantuan beras, besok pagi BPBD Kabupaten kepulauan Mentawai akan menyalurkan bantuan seperti, sembako mie, telur, sarden dan matras,” kata Nicolaus Sorot Ogok.

Terpisah, Koordinator Tagana Dinsos kepulauan Mentawai, Boby menambahkan hingga malam ini kami masih memobilisasi bantuan tanggap bencana banjir ke Kapal KM. Nade dan KM. Bakkat Manuang dengan mengunakan mobil Colt Diesel milik Dinsos, kata dia. “Ini trip yang ke sembilan, tiga trip lagi agar mencapai 18.8 Ton Beras dengan ukuran per karung 10 kg,” kata Boby kepada awak media di Dermaga Tuapejat Sabtu (02/05/2020).

Hingga berita ini dilansir Tim Tagana Dinsos Mentawai masih mendistribusikan bantuan beras ke dermaga Tuapejat bersama pihak keamanan, dari, Kodim 0319/Mentawai, Lanal Mentawai, Polres Kepulauan Mentawai, Satpol PP, BPBD, Basarnas dan Dishub.

(DN /Ril)

Pos terkait