Wakil Bupati Solok dan Gubernur Sumbar Akan Berusaha Semaksimal Mungkin Atasi Bencana Longsor di Nagari Air Dingin

Wakil Bupati Solok bersama Gubernur Sumbar meninjau langsung bencana longsor Dinagari Air Dingin Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok pada hari Kamis, (23/04/2020).

Peninjauan Longsor tersebut dilihat langsung ke lokasi oleh Gubernur Sumbar Prof Irwan Prayitno dan didampingi oleh Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin, SH, ikut mendampingi juga Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah III Kota Padang Aidil Fiqri dan Kepala Dinas PUPR Sumbar Fathol Bari serta Kadis Perhubungan Heri Noviardi, ikut juga Kepala Satpol PP Dedy Diantolani dan Kepala BPBD Sumbar Erman Rahman serta Kabag Humas Kab. Solok Syofiar Syam, S.Sos, M.Si.

Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin saat mendampingi Gubernur Sumbar Prof. Irwan Prayitno meninjau langsung akses lalu lintas Kabupaten Solok-Solok Selatan putus total akibat jalan utama transportasi ditimpa material longsor pada Sabtu malam (18/04/2020). Bahkan, dua rumah warga di nagari tersebut juga ikut terseret material longsor tersebut.

Bacaan Lainnya

Longsor diakibatkan tingginya intensitas hujan yang mengguyur kawasan tersebut sampai Sabtu kemarin, hingga sampai saat ini, jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Solok dengan Solok Selatan itu belum kunjung bisa dilewati oleh kendaraan bermotor dan mobil.

Saat melakukan peninjauan langsung tersebut, Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin, SH mengatakan bahwa sudah empat hari ini pihak Dinas PUPR melakukan pekerjaan perbaikan jalan dan berlanjut membersihkan tumpukan longsor yang menimpa badan jalan  dan rumah penduduk, hingga jalan bisa dilalui oleh kendaraan, sebab tidak ada jalan alternatif lain untuk menuju Kerinci dan Muara Labuh dari Padang dan Solok ini.

Kemudian Wakil Bupati juga menjelaskan bahwa saat ini kita sedang melakukan pembersihan material, setelah itu akan dibangun jembatan darurat oleh pihak Balai Jalan Provinsi.

H. Yulfadri Nurdin, SH berharap agar pembangunan jembatan darurat tersebut cepat selesai, namun keadaan cuaca yang masih kerap hujan di wilayah sekitar, sehingga potensi longsor memungkinkan bisa terjadi lagi dan dapat menimpa jembatan tersebut.

Selanjutnya Wakil Bupati juga menjelaskan bahwa untuk solusi lain yang akan diupayakan Pemerintah Kabupaten Solok dalam waktu dekat adalah memanfaatkan jalur dari Jorong Sungai Abu, Air Dingin menuju Solok Selatan, jalannya persis berada di bawah jalan nasional yang tertimbun material longsor, tetapi jalan tersebut hanya untuk pengendara roda dua saja.

Beriringaan dengan itu Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah III Kota Padang Aidil Fiqri menjelaskan, hingga saat ini masih mengkaji untuk upaya mempercepat akses kendaraan agar bisa kembali normal, karena longsoran cukup parah dan membuat jurang sedalam 23 meter, sehingga proses pengerjaan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Selain itu, badan jalan yang habis diterjang longsor sepanjang 30 meter, sehingga badan jalan tersebut juga ikut jatuh ke jurang dan membentuk lubang yang dalam.

Terakhir Aidil Fiqri menyampaikan bahwa pihaknya telah menggunakan empat unit ekskavator (alat berat) untuk proses pembuangan tanah yang menimbun (material longsor) badan jalan, Karena badan jalan putus, kita akan mecarikan solusinya agar kendaraan bisa melewati jalan tersebut walaupun bentuk badan jalan darurat untuk sementara waktu.

(Andar MK)

Pos terkait