Pemkab Solok Laksanakan Giat Antisipasi Penyebaran Covid-19

Pemerintah Kabupaten Solok giat menggelar penyemprotan dalam rangka Antisipasi Penyebaran Virus Corona (Covid-19) ke Masjid Islamic Center Koto Baru dan Masjid Nurul Hidayah serta Mushalla Pemkab Solok pada hari Kamis, (19/02/2020) yang berlokasi di masjid-masjid dan mushalla tersebut.

Giat untuk antisipasi Covid-19 tersebut di ikuti oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Solok H. Aswirman, SE, MM dan Kapolres Solok Arosuka AKBP Azhar Nugroho, SH, S.IK serta Kadis Kesehatan Kabupaten Solok Maryeti Marwazi, Mars, turut ikut juga Kalaksa BPBD Armen, AP, MM dan Kabag Humas Pemkab Solok Syofiar Syam serta Kadis Pol PP dan Damkar Efriadi.

Pada kesempatan antisipasi Virus Corona tersebut Setda Aswirman, SE, MM mengatakan bahwa Pemkab Solok melakukan penyemprotan desinfektan ke masjid-masjid untuk mencegah mewabahnya virus tersebut.

Bacaan Lainnya

“Penyemrotan dilakukan di Masjid Islamic Center Koto Baru dan Masjid Nurul Hidayah Sukarami dan tim percepatan pencegahan Virus Corona yang diketuai oleh saya sendiri, Sekda Kabupaten Solok Aswirman dan didampingi oleh Kapolres Arosuka AKBP Azhar Nugroho serta Kadis Kesehatan Maryeti Marwazi, Mars ikut juga Kalaksa BPBD Armen AP, Kadis Pol PP Damkar, Efriadi dan Kabag Humas Syofiar Syam untuk melakukan penyemprotan disinfektan ke tempat-tempat ibadah yang banyak dikunjungi masayarakat,” tambahnya.

Aswirman juga menjelaskan bahwa kegiatan ini juga untuk menyosialisasikan bahwa kita harus bersih-bersih diri dan lingkungan serta kita tahu virus itu apa? namun kita jangan panik, namun harus tetap waspada.

Sekdakab Kab. Solok Aswirman bersama tim juga mengunjungi posko utama penangulangan Virus Corona di Dinkes Kesehatan.

Aswirman juga meminta di setiap Kecamatan dan Puskesmas serta di nagari-nagari untuk bergerak cepat membentuk posko-posko percepatan pencegahan dan terus cari informasi serta data melalui petugas kita di lapangan guna untuk di lakukan penyemprotan ke tempat-tempat ibadah yang dicurigai ada wabah Virus Corona.

Kemudian Aswirman juga mengatakan setiap ada kegiatan ataupun informasi kita selalu berkoordinasi dan mengevaluasinya terus kita sampaikan kepada Bupati Solok H. Gusmal, setelah itu baru kita menentukan langkah-langkah untuk penanggulangan selanjutnya.

Penyemprotan tidak hanya di pilar-pilar masjid dan lantai serta halaman parkir, tapi juga di mimbar dan tempat imam salat serta tikar. “Upaya ini dilakukan agar keamanan jamaah yang beribadah tetap terjaga,” lanjutnya.

Penyemprotan dilakukan saat tidak ada aktivitas shalat maupun acara majelis taklim lainnya, setelah Masjid Islamic Center yang dilakukan penyemprotan antisipasi Covid-19, terus dilanjutkan ke Masjid Nurul Hidayah untuk disemprot. “Kemudian besok juga kita akan melakukan penyemprotan lagi, tapi ke mesjid-mesjid lainya, terang Setda Kabupaten Solok Aswirman, SE, MM.

Terakhir Setda Kabupaten Solok Aswirman juga menjelaskan bahwa penyemprotan disinfektan ini rencananya dilakukan setiap hari. Namun, lokasinya bergantian. “Untuk batas waktunya kita belum tahu kapan. Yang terpenting, kita berikhtiar dulu untuk melakukan pencegahan Virus Corona (Covid-19) ini.


(Andar MK)

Pos terkait