Pemkab Solok Gelar Peringatan Bulan Bakti Dasawisma dan BB-GRM

Pemerintah Kabupaten Solok menggelar acara peringatan Bulan Bakti Dasawisma dan BB-GRM, yang bertempat di Ruangan Solok Nan Indah pada hari Senin, (09/03/2020).

Melalui pencanangan Bulan Bakti Dasawisma dan BB-GRM ini dapat meningkatkan peran dan fungsi kelompok Dasawisma dan lembaga masyarakat dalam pembangunan nagari yang berada di wilayah Kabupaten Solok.

Acara peringatan Bulan Bakti Dasawisma tersebut langsung dihadiri oleh Bupati Solok (H. Gusmal, SE, MM) dan Ketua TP PKK Kabupaten Solok (Ny. Desnadefi Gusmal) serta Sekda Kab. Solok (Aswirman, SE, MM) bersama Ketua DWP Kab. Solok (Ny Herlina Aswirman), turut hadir juga Ketua GOW Kab. Solok (By. Dahliar Yulfadri Nurdin) dan Asisten Koor Bid Ekbangkesra (Medison) serta Asisten Koor Bid Administrasi (Sony Sondra, SE, M.Si) dan nampak juga hadir Kepala SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Solok.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Solok Ny. Desnadefi Gusmal melaporkan bahwa acara peringatan Bulan Bakti Dasawisma ini merupakan inovasi TP PKK Provinsi Sumbar yang dilaksanakan selama satu bulan, mulai dari tanggal 01-31 Maret dan pada tahun 2020 ini merupakan pelaksanaan tahun ke empat di Sumbar dan di Kabupaten Solok.

“Semua rumah yang ada di Kabupaten Solok telah tergabung kedalam kelompok-kelompok Dasawisma dan saat ini di Kab. Solok sudah ada 4331 kelompok Dasawisma,” tambahnya

Ny. Desnadefi Gusmal juga menjelaskan bahwa selama acara Bulan Bakti Dasawisma tahun 2020 ini TP PKK Kabupaten Solok yang tergabung dalam empat tim akan melakukan pembinaan ke 14 nagari yang berada di 14 kecamatan di Kab. Solok.

“Dalam kegiatan ini juga diserahkan bantuan kepada ketua TP PKK Kecamatan berupa polybag dan peralatan gotong royong yang berasal dari sumbangan Kepala SKPD se-lingkup Pemerintah Kabupaten Solok,” jelasnya.

Ny. Desnadefi Gusmal juga mengharapkan dukungan dan bantuan dari semua pihak terutama SKPD, camat dan wali nagari sehingga acara Bulan Bakti Dasawisma dan BBGRM ini terlaksana dengan baik dan memberi dampak yang positif kepada seluruh masyarakat Kabupaten Solok.

Ketua TP PKK Kabupaten Solok Ny. Desnadefi Gusmal tak lupa mengingatkan wali nagari agar aktif dalam mengajak masyarakat untuk meningkatkan gotong royong serta memanfaatkan lahan yang kosong disekitar perkarangan rumah masyarakat.

“Dan kepada semua kelompok Dasawisma agar selalu membudayakan hidup bersih dan sehat untuk keluarga dan masyarakat sekitar serta tingkatkan kepedulianasyarakat dalam mewujudkan pola hidup sehat,” tambahnya.

Bupati Solok H. Gusmal dalam sambutannya menyampaikan bahwa kelompok Dasawisma ini akan sangat membantu Pemerintah beserta jajaran dalam mengajak masyarakat untuk hidup bersih dan sehat.

Melalui acara peringatan Bulan Bakti Dasawisma ini Bupati Solok mengajak semua pihak untuk mensukseskan himbauan Bapak Gubernur Sumbar untuk menanam cabe di polybag minimal 10 batang tiap rumah dan membersihkan lingkungan secara gotong royong yang sudah menjadi tradisi masyarakat serta manfaatkan lahan pekarangan dengan tanaman-tanaman yang bermanfaat bagi kehidupan, tuturnya.

Budayakan Pola Hidup Bersih dan Sehat dengan 10 indikator PHBS dan aktifkan Posyandu yang merupakan bagian dari program pelayanan dasar di Bidang Kesehatan, tambah Bupati Solok.

Bupati Solok H. Gusmal juga mengingatkan pihak Dinas terkait untuk melakukan Pencatatan Data Keluarga secara continue serta penyuluhan pola hidup sehat di dalam rumah tangga karna sebuah perencanaan harus dimulai dari pendataan yang akurat dan valid.

Terakhir Bupati Solok H. Gusmal berharap kepada TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan TP PKK Nagari hingga kelompok Dasawisma dapat terus memberikan kontribusinya bagi Pemerintah Daerah dalam mensukseskan berbagai Orogram Pemerintah, terutama dibidang Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga.

(Andar MK)

Pos terkait