Bupati Solok Buka langsung Kegiatan Lomba Minat Baca se-Kabupaten Solok

Bupati Solok membuka langsung kegiatan Lomba Baca (Bercerita) tingkat SD dan MI se-Kabupaten Solok tahun 2020, pada hari Selasa, (17/03/2020) yang bertempat di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Solok.

Kegiatan tersebut yang dihadiri oleh Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM dan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan (Nofiarman, S.Sos, MM) serta Kadis Pendidikan (Zulkisar, S.Pd, MM), hadir juga Forkopimcam Kubung dan Guru Pembina lomba membaca tingkat SD/MI dan peserta lomba tingkat SD/MI se-Kabupaten Solok

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Nofiarman, S. Sos, MM dalam kesempatan kegiatan tersebut melaporkan bahwa, kegiatan Lomba Minat Baca (Bercerita) ini adalah agenda rutin Pemerintah Daerah Kabupaten setiap tahunnya yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok.

Bacaan Lainnya

Nofiarman, S.Sos, MM juga menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuh kembangkan kegemaran membaca serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan atau buku dan untuk mengangkat serta mempopulerkan buku-buku budaya Sumatera Barat khususnya Kabupaten Solok yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang baik serta membangun karakter anak.

“Kemudian tujuan lainnya adalah untuk mencari bibit generasi muda yang dapat menjadi panutan bagi teman sebayanya dalam hal membaca,” tambah Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Nofiarman, S.Sos, MM.

Nofiarman, S.Sos, MM mengatakan bahwa kegiatan Lomba Minat Baca (Bercerita) pada tahun 2020 ini dengan tema “Kita Tumbuh Kembangkan Kreativitas dan Inovasi Generasi Muda Indonesia melalui Bercerita” dan peserta lomba ini adalah siswa dan siswi kelas IV SD/MI yang merupakan utusan dari setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Solok dengan jumlah peserta 33 orang.

Terakhir Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Nofiarman, S.Sos, MM menerangkan, kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari dan pemenang dari lomba ini akan menjadi utusan dari Kabupaten Solok untuk mengikuti lomba yang sama di tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM pada kegiatan lomba tersebut mengatakan, Bupati sangat mengapresiasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok yang sudah memfasilitasi terlaksananya kegiatan Lomba Minat Baca (Bercerita) tingkat SD/MI se-Kabupaten Solok.

H. Gusmal juga menjelaskan bahwa membaca merupakan unsur penting dalam pendidikan dan dengan membaca banyak sekali manfaat yang kita dapatkan diantaranya informasi serta bisa juga memperluas wawasan, namum sayangnya minat membaca pelajar masa kini terbilang cukup memprihatinkan oleh karena itu, guru wajib memotivasi siswa untuk gemar membaca sejak dini.

Bupati Solok H. Gusmal berharap melalui Lomba Minat Baca (Bercerita) ini membuat anak semakin giat dan berusaha untuk selalu meningkatkan dan menambah ilmu pengetahuan tentunya dengan membaca buku-buku bermanfaat, seperti kata orang bijak “Jangan Membaca di Waktu Luang, Tapi Luangkanlah Waktu untuk Membaca”.

Bupati juga menjelaskan guna untuk membantu meningkatkan minat baca kepada generasi penerus bangsa, baru-baru ini Kabupaten Solok sudah mempunyai aplikasi buku digital dengan nama “isolokkab”, dimana membaca buku dapat melalui laptop, HP, dan desktop dan pada aplikasi ini sudah tersedia 1.500 judul buku yang bermanfaat untuk dibaca seperti buku-buku SD, SMP, SLTA dan buku-buku umum lainya.

Bupati juga berpesan kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan beserta Dinas Pendidikan Kabupaten Solok untuk mengadakan kegiatan ini setiap tahunnya supaya tercipta generasi muda Kab. Solok yang gemar membaca.

Terakhir Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM juga berpesan kepada Guru Pendamping dan Pembina supaya memberikan keleluwasaan kepada Anak Didik dan biarkan mereka berkreasi serta berinovasi sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing.

(Andar MK)

Pos terkait