Puncak Grand Final Pemilihan Duta Genre dan Penobatan Ayah Bunda Genre Motivator di Kabupaten Solok Berlangsung Meriah

Pemerintah Daerah Kabupaten Solok melaksanakan acara malam Puncak Grand Final Pemilihan Duta Genre dan Penobatan Ayah Bunda Genre Motivator dan Kreator tahun 2020 di Sport Hall Batu Batupang Koto Baru Solok, Sabtu (22/02/2020).

Acara sangat meriah tersebut dihadiri oleh Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM, Ketua DPRD Kab. Solok Jon Firman Pandu, beserta beberapa anggota DPRD Kabupaten Solok. Turut hadir juga Sekda Kabupaten Solok H. Aswirman, SE. MM dan beberapa kepala SKPD di lingkup Pemkab. Solok, hadir juga Ketua TP PKK Kab. Solok Ny. Desnadefi Gusmal, Ketua IKA DPRD Kab. Solok Ny. Kurniati Jon F Pandu, Ketua DWP Kab. Solok Ny. Herlina Aswirman, Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Sumbar Estelita, M.Si, Kepala BNNK Kab. Solok AKBP Saifuddin Anshori, S.IK beserta para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM bersama Istri Ny. Desnadefi Gusmal juga menobatkan Ketua DPRD Kabupaten Solok Jon Firman Pandu sebagai Ayah Genre Motivator Kab. Solok 2020 dan Bunda Genre Kreator Kab. Solok 2020 kepada Pembina PIKR SMA 1 Gunung Talang Dra. Hasnimar.

Bacaan Lainnya

Kemudian dilanjutkan dengan dengan pemasangan selempang kepada Pemenang Duta Genre Kabupaten Solok yang telah melalui proses karantina dan sekaligus mewakili pada pemilihan Duta Genre tingkat Provinsi Sumbar nantinya, yang bernama Dodo Putra tingkat Putra berasal dari MAN 1 Solok dan Natasya Jihandara tingkat Putri berasal dari SMA 2 Sumbar.

Kemudian dilanjutkan dengan RU 1 Duta Genre Kab. Solok atas nama Alhikmatul Ridho tingkat Putra berasal dari SMA 2 Sumbar dan Ulfa Rahmatami tingkat Putri berasal dari UNP.

Selanjutnya RU 2 Duta Genre Kab. Solok atas nama Albee Syah Bandar tingkat Putra utusan SMA 2 Gunung Talang dan Nur Azizah Aulia Putri tingkat Putri utusan SMA 1 Gunung Talang.

Seterusnya dilanjutkan dengan Harapan 1 Duta Genre atas nama Wahyu Alfauzan tingkat Putra berasal dari UNAND dan Nurrahma AYSHA tingkat Putri berasal dari PIKR Koto Baru.

Kemudian dilanjutkan dengan Harapan 2 Duta Genre atas nama Imam Hanif Alfikri tingkat Putra berasal dari SMA 2 Sumbar dan Shahira Luthfia Putri tingkat putri berasal dari SMA 2 Gunung Talang.

Seterusnya Duta Genre Anti HIV/Aids Kab. Solok atas nama Muhammad Raffi Ghifari tingkat Putra berasal dari SMA 2 Sumbar dan Putri Amalia Asmara tingkat Putri berasal dari SMA 2 Gunung Talang.

Kemudian Duta Genre Anti Narkoba Kab. Solok atas nama Muhammad Bagus tingkat Putra berasal dari SMA 1 Gunung Talang dan Adinda Salsabila tingkat Putri berasal dari SMA 1 Lembah Gumanti.

Duta Genre Best Speaker atas nama Bambang Satria Pasenda tingkat Putra berasal dari SMK 1 Guntal dan Aifha Wihana Althifa tingkat Putri berasal dari SMA 1 Guntal.

Selanjutnya yang menjadi Duta Genre Talenta atas nama Rezeky Genesis Sitompul tingkat Putra berasal dari SMA 2 Guntal dan Fiki Maideja tingkat Putri berasal dari UNES.

Yang keberikutnya yang menjadi Duta Genre Kepemimpinan atas nama Rangga Zamahendra tingkat Putra berasal dari SMA 1 Guntal dan Nuraini tingkat Putri berasal dari PIKR Junjung Sirih.

Yang keberikutnya menjadi Duta Genre Persahabatan Kab. Solok atas nama Ahmad Fajar Mubaraq tingkat Putra berasal dari SMA 1 Guntal dan Dini Indriyani Pratama tingkat Putri berasal dari SMA 1 Pantai Cermin.

Dan terakhir yang menjadi Duta Genre Favorit Kab. Solok atas nama Samid Umbran tingkat Putra berasal dari SMA 2 Guntal dan Tasya Rizki Ananda Putri tingkat Putri berasal dari MAN 1 Solok.

Zulfahmi, SH. MM yang menjabat sebagai DPPKB & P3A yang sekaligus sebagai panitia pelaksana acara melaporkan bahwa pemilihan Duta Genre ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman sikap serta perilaku positif remaja dalam pengembangan diri yang berkarakter dan berintegritas baik di lingkungan sekolah dan di kampus serta dilingkungan bermasyarakat dalam mempromosikan dan mensosialisasikan Program Genre di Era Industry 4.0 (Era Digital).

Zulfahmi menambahkan bahwa prestasi yang diperoleh Duta Genre Kabupaten Solok di tingkat Provinsi cukup membanggakan dengan masuknya Top Five duta Genre Putri tahun 2017 tingkat Provinsi Sumbar dan mendapatkan juara II forum group discussion Duta Genre Prov. Sumbar dan juara II umum pada jamboree suka kencana tingkat Prov. Sumbar serta Duta Genre Kab. Solok menjadi runner up 1 di tingkat Prov Sumbar tahun 2018 dan beberapa prestasi lainnya, jelasnya.

Kegiatan ini sudah dimulai sejak tanggal 31 Januari 2020 yang lalu, diawali dengan Tecnikal Meeting dan Audisi, lalu dilanjutkan dengan karantina dari tanggal 19 sampai 21 Februari 2020 ini, lanjut Zulfahmi.

Pada saat audisi ada 149 orang peserta yang ikut, Duta Genre ini terdiri dari Remaja atau Siswa-siswi dan Mahasiswa-siswi yang aktif dalam kegiatan PIK Remaja dan yang masuk sebabagi finalis hanya sebanyak 40 orang atau 20 pasang peserta, kata Zulfahmi, SH. MM mengakhiri laporannya.

Kemudian Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar Estelita, M. Si mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya Bupati Solok H. Gusmal,SE. MM yang telah bersedia menghadiri dan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pemilihan Duta Genre tahun ini.

Estelita mengatakan bahwa BKKBN akan selalu berusaha menyiapkan gmGenerasi Muda yang sehat dan terhindar dari berbagai permasalahan remaja serta akan berusaha menjadikan remaja yang produktif dan berkualitas, agar nanti mampu meraih bonus demografi dan Indonesia emas.

Pemilihan duta genre ini adalah dalam rangka mencari figure motivator yang terampil dan berkarakter dari anggota PIK-R, lanjut Estelita, M. Si.

Kepala BKKBN Provinsi Sumbar Estelita, M. Si Berharap kepada pemerintah daerah Kabupaten maupun pemerintah Kota untuk terus mengadakan kegiatan yang sama dengan inovasi-inovasi di tiap Daerah pada tahun berikutnya.

Bupati Solok H, Gusmal mengatakan bahwa pada zaman industry 4.0 (era teknologi digital) ini akan melahirkan distruption (gangguan) dan shifting (pergeseran) di berbagai bidang kehidupan sehingga mengubah pola interaksi, nilai, norma, system, tatanan, kebutuhan, tantangan, peluang, ancaman dan paradigma baru diberbagai sector yang harus disikapi secara bijaksana, maka dari itu Bupati melanjutkan bahwa kita harus mampu meningkatkan wawasan yang lebih baik lagi.

Bupati menyebutkan bahwa setiap bangsa menaruh mimpi dan harapan akan masa depan yang lebih baik pada generasi muda sebagai penerus bangsa, maka dari itu kita akan terus berusaha menciptakan generasi muda yang berkarakter

Bupati Solok H. Gusmal juga Berpesan kepada para finalis Duta Genre dan generasi muda lainnya agar dapat menghindari pernikahan dibawah umur, penyimpangan seksual (LGBT) dan penyalahgunaan Narkoba serta pergaulan bebas lainnya.

Jadilah motivator yang teladan bagi teman sebaya dan masyarakart dalam rangka meningkatkan sosialisasi dan promosi berbagai program Genre. Tambahnya.

Terakhir Bupati Solok sangat berharap agar seluruh remaja di Kabupaten Solok menjadi remaja yang berkarakter yang siap meraih bonus demografi dan Indonesia emas dimasa yang akan datang. (Andar MK)

Pos terkait