Pemkab Solok Sambut Baik Kedatangan Mahasiswa Universitas Bung Hatta

Gusmal Harapkan KKN Disesuaikan dengan Empat Pilar Pembangunan Kabupaten Solok

Pemerintah Kabupaten Solok menyambut baik kedatangan pihak Universitas Bung Hatta, dibuktikan dengan dilaksanakannya audiensi dalam rangka pelaksanaan KKN-PPM mahasiswa Bung Hatta di Guest House Arosuka pada Hari Jumat (07/02/2020).

Dalam acara audience tersebut langsung dihadiri oleh Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM. Asisten Koor Bid Administrasi Sony Sondra, SE. M.Si, hadir juga Kepala DPMN Kab. Solok Ferisnovel, S.IP, M.Si. Kabag Humas Syofiar Syam, S. Sos, M.Si nampak juga hadir Kabag KSD Devi Pribadi, S.Sos, Camat Gunung Talang Misran, Wali Nagari se -Kec. Gunung Talang serta Tim Audiensi KKN-PPM UBH Dr. Sanidjar Pebrihariati. R, SH, MH dan Drs. Riswandi, M.Si.

Bacaan Lainnya

Ny. Dr. Sanidjar Pebrihariati. R, SH. MH sebagai perwakilan tim mengatakan, audiensi ini merupakan persiapan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) yang akan dilakukan oleh mahasiswa Universitas Bung Hatta di nagari-nagari se Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok nantinya.

Beliau menambahkan, KKN-PPM ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner dan institusional serta secara kemitraan sebagai salah satu wujud dari Tridharma perguruan tinggi, jelasnya

Ny. Sanidjar Pebrihariati menambahkan bahwa kegiatan ini akan berdampak positif terhadap mahasiswa dan bisa memeberikan keterampilan serta pengalaman kepada mahasiswa terutama yang berkaitan dengan program kerjanya dilapangan, tambahnya.

Pada pelaksanaan KKN-PPM ini akan ada lima program pokok yang akan diselesaikan oleh mahasiswa di lokasi serta dengan program tambahan lainnya dan KKN-PPM ini dilaksanakan selama sebulan dari tanggal 6 Juli – 6 Agustus 2020 ini, ungkapnya.

Ia juga menjelaskan kepada Bupati Solok dan peserta audience bahwa mahasiswa yang akan melaksanakan KKN-PPM ini akan dibekali agar dapat mengembangkan potensi yang dimiliki oleh nagari serta membantu program nagari dan dalam pelaksanaan KKN-PPM ini juga akan dilakukan evaluasi berkala nantinya, jelasnya.

Pelaksanaan KKN ini akan dipusatkan di delapan nagari se Kec. Gunung Talang Kab. Solok, dimana masing-masing nagari di isi oleh 30 orang mahasiswa (satu keloompok) dengan latar belakang program studi yang berbeda, tambah Ny. Sanidjar Pebrihariati.

Terakhir Ny. Sanidjar Pebrihariati berpesan melalui Wali Nagari yang hadir disaat audience tersebut, agar dapat memaksimalkan keberadaan mahasiswa KKN di Nagari masing-masing dan menjaga keamanan dan kenyamanan mahasiswa dari bentuk tindak kejahatan, katanya.

Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM mengatakan sangat menyambut baik kedatangan mahasiswa dalam pelaksanaan KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Kabupaten Solok nantinya. Bupati mengharapkan mahasiswa KKN nantinya dapat menerapkan dan mengaplikasikan ilmu yang dipelajari oleh mahasiswa ditengah-tengah masyarakat.

Bupati Solok H. Gusmal juga mengingatkan agar mahasiswa yang ikut KKN nanti agar dapat memahami lingkungan yang baru dan mampu menguasai ilmu dimasing-masing mahasiswa. Bupati juga berpesan dalam menyusun program kegiatan, agar dapat diselaraskan dengan empat pilar pembangunan daerah Kabupaten Solok yaitu, ekonomi kerakyatan dan pariwisata, pendidikan, kesehatan, pemerintah yang baik dan bersih, ucapnya.

Bupati juga mengingatkan kepada mahasiswa yang akan mengikuti KKN-PPM nantinya untuk selalu mengkoordinasikan program kegiatan yang ada baik dengan DPL, camat dan wali nagari setempat.

Terakhir Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM berharap diakhir pelaksanaan KKN nantinya mahasiswa dapat membawa ilmu yang bermanfaat dan meninggalkan kesan yang baik di nagari-nagari tempat melaksanakan KKN-PPM tersebut. (Andar MK)

Pos terkait