Pemkab Solok Gelar Pelatihan Asisten Pembuat Pakaian dan Desain Grafis

Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM membuka langsung pelaksanaan kegitan pelatihan asisten pembuat pakaian dan desain grafis serta teknisi sepeda motor dan pengelolaan administrasi perkantoran dalam rangka peningkatan kompetensi pencari kerja di Lubuk Selasih Kantor Dinas Sosial, BLK Solok, Senin (24/02/2020).

Selain Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM yang hadir di kegiatan tersebut, turut hadir Kepala DPM PTSP Naker Kab. Solok Kennedy Hamzah dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Solok Yandra serta Kepala BLK Padang Samsi Hari, SE. MM dan para peserta yang ikut kegiatan pelatihan.

Panitia Pelaksana Hendrianto, S. St. Mp. SSP yang menjabat sebagai Kabib Ketenagakerjaan DPMPTSPNaker melaporkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi bagi pencari kerja di Kabupaten Solok khususnya pada bidang pelatihan teknisis sepeda motor, pembuatan desain grafis, asisten penjahit pakaian dan pengelola administrasi perkantoran.

Bacaan Lainnya

Hendrianto menambahkan laporannya bahwa pelaksanaan kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan selama 1 bulan bertempat di BLK Solok, Lubuak Selasih. Pelatihan ini terdiri dari empat bidang yang mana disetiap bidang tersebut terdiri atas 16 orang dan jumlah yang mengikuti kegiatan ini secara keseluruhan berjumlah 64 orang, Hendrianto mengakhiri laporannya.

Kepala BLK Padang Kennedy Hamzah dalam sambutannya mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan paket dari kementerian terkait dan untuk tahun ini kementerian memberikan batuan komputer beserta seluruh perangkatnya sebanyak 17 unit untuk BLK Solok.

Kennedy Hamzah menjelakan bahwa paket untuk jumlah peserta yang ada pada tahun ini memang menurun dari tahun sebelumnya, untuk memenuhi yang kurang tersebut akan ada nantinya program prakerja dari Pemerintah Pusat, tambahnya.

Kennedy Hamzah berharap kepada para instruktur untuk dapat memfasilitasi peserta dengan baik dan adil tanpa memandang latar belakang pendidikan mereka.

Terakhir Kepala BLK Padang Kennedy Hamzah memberikan sedikit pemahaman kepada para peserta yang ikut pelatihan bahwa dengan mengikuti pelatihan ini merupakan suatu kebanggaan bagi para peserta karena langsung memiliki kompeten di bidangnya masing-masing, dengan begitu akan memudahkan berkarir ke depannya.

Beriringan dengan itu Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM dalam sambutannya mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini adalah Salah satu program strategis untuk pembangunan ketenagakerjaan nasional dalam peningkatan kompetensi tenaga kerja melalui pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja.

Bupati berharap kepada generasi muda melalui program ini dapat menjadi generasi yang produktif dan mampu menyambut masa demografis atau zaman industri (era teknologi digital).

Bupati Solok juga mengingatkan bahwa untuk zaman sekarang, kita tidak bisa mengandalkan ijazah saja, tetapi kita juga harus punya skill yang matang untuk memasuki dunia kerja yang semakin hari semakin ketat persaingannya.

Generasi muda harus mengisi hari-harinya di rumah dengan kegiatan yang produktif serta bermanfaat untuk karir dimasa depan dan jangan sampai ada generasi muda yang melakukan kegiatan dirumah yang tidak ada atrinya, tambah Bupati Solok

H. Gusmal juga berpesan kepada para peserta agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius dan sungguh-sungguh sehingga para peserta dapat membuka peluang kerja minimal untuk diri sendiri.

Terakhir Bupati Solok H. Gusmal meminta kepada seluruh para peserta yang ikut dalam pelatihan untuk terus meningkatkan skill individu melalui pelatihan yang dilaksanakan selama lebih kurang sebulan ini. (Andar MK)

Pos terkait