Nagari Dilam Gelar Goro Lintas Jorong, Partisipasi Masyarakat Meningkat

Nagari Dilam Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok melaksanakan Goro Lintas Jorong antara Jorong Batu Karak dan Jorong Kapalo Koto, Jumat (28/02/2020). Pelaksanaan Goro Lintas Jorong tersebut dihadiri oleh Wali Nagari Dilam Janawir, S.Pd,I bersama Ketua TP PKK Nagari Armisnayati.

Ikut hadir Ketau BPN Nagari Nagari Dilam Yan Juned, lima Kepala Jorong yang ada di Nagari Dilam, Niniek Mamak, Alim-Ulama, Cadiek-Pandai, Bundo Kanduang dan tokoh masyarakat serta para pemuda dan pemudi Nagari Dilam.

Partisipasi masyarakat sangat meningkat sekali dari tahun-tahun sebelumnya. Dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang hadir dalam acara Goro Lintas Jorong di Nagari Dilam Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok. Beberapa orang masyarakat mengatakan bahwa baru kali ini kita melihat masyarakat yang hadir sangat ramai goro di Nagari.

Bacaan Lainnya

“Sebelum-sebelumnya tidak seramai ini masyarakat yang hadir untuk melaksanakan goro ketika Pemerintah Nagari mengajak masyarakat untuk goro membersihkan jalan atau lingkungan yang ada di wilayah Nagari kita, tambahnya.

Goro yang dilaksanakan pada Jumat (28/02/2020) adalah goro perdana yang dilaksanakan oleh Pemerintahan Nagari yang dipimpin oleh Janawir, S. Pdi Magek Alam, kata beberapa orang masyarakat.

Wali Nagari Dilam Janawir, S.Pd.I, Ia membenarkan hal tersebut, bahwa semangat dan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Goro Lintas Jorong di Nagari Dilam sangat baik. Masyarakat Nagari Dilam yang hadir pada saat goro sangat diluar dugaan, sangat ramai sekali dan saling bahu membahu dalam membersihkan jalan yang menghubungkan antara Nagari Dilam dengan Nagari Parambahan, jelasnya.

Titik lokasi yang digorokan dimulai dari pembersihan semak belukar yang ada dikiri dan kanan pinggiran jalan Batu Loncoa Jorong Balai Nagari Parambahan Sampai ke jembatan Palak Bigo dan diteruskan ke pandakian Baringin serta dilanjutkan ke Balai Batu Karak dan diteruskan ke Jorong Kapaloko, tambah Wali Nagari.

Di pandakian baringin kita dihadang oleh Batu besar yang menyumbat tali selokan jalan sebelah kiri dari arah Nagari Parambahan, lanjutnya dan masyarakat berbajibeku secara bersama-sama untuk mengangkat batu besar yang berada dalam perut selokan jalan tersebut, “Alhamdullillah batu besar itu berhasil dikeluarkan atau diangkat oleh masyarakat dengan menggunakan kan alat seadanya”, kata Wali Nagari Dilam.

Janawir juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Nagari Dilam untuk selalu bersama-sama membangun Nagari, tanpa kebersamaan kita tidak akan bisa mewujudkan apa yang telah kita cita-citakan bersama, yaitu menjadikan Nagari Dilam lebih baik dan lebih maju lagi kedepannya.

Wali Nagari Dilam Janawir juga berterima kasih kepada lembaga yang ada di nagari dan kepada semua lapisan masyarakat yang telah ikut serta berpartisipasi dalam Goro Lintas Jorong di Nagari Dilam.

Terakhir Wali Nagari Dilam berharap dengan dilaksanakannya Goro Lintas Jorong ini bisa mempererat hubungan silaturahmi antara sesama kita ditengah-tengah sulitnya ekonomi masyarakat dan bisa merekatkan kembali persatuan dan kesatuan antara semua komponen yang ada di nagari kita, sambungnya. (Andar MK).

Pos terkait