Gusmal Minta Wali Nagari Kacang Susun Perna Pengelolaan Danau Singkarak

Nagari Kacang Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok melaksanakan acara serah terima jabatan wali nagari dan pelantikan serta Sertijab Ketua TP PKK Nagari, Jumat (31/01/2020 ) bertempat di Balai-balai Adat Nagari Kacang.

Acara yang digelar oleh Nagari Kacang tersebut langsung dihadiri oleh Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM, Kadis Koperindag Eva Nasri, Kadis Kominfo Denny Prihatni, hadir juga Kepala Barenlitbang Erizal dan Kepala Kesbangpol Junaidi serta Kasat Pol PP & Damkar Efriyadi, nampak juga hadir Kabag Humas Syofiar Syam, Kabag Umum Syefdinon, Kabag KSD Devi Pribadi dan tokoh-tokoh Kabupaten Solok seperti, Desra Ediwan Anantanur dan Novi Candra serta Agus Sademan, hadir juga Perantau Nagari Kacang Firdaus Umar Dt. Marajo dan tokoh masyarakat Nagari Kacang berserta para tamu undangan lainnya.

Serah Terima Jabatan Wali Nagari Kacang dari Marizal. Semoga. Sos yang sebelumnya menjabat sebagai Pj. Wali Nagari diserahterimakan kepada Andrian sebagai Wali Nagari terpilih sekaligus pelantikan dan Sertijab ketua TP-PKK dari Ny. Sulastri Marizal yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua TP PKK Nagari Kacang diserahkan kepada Ny. Mira Marlina Adrian yang akan melanjutkan pembangunan dan program PKK Nagari Kacang kedepannya.

Bacaan Lainnya

Adrian sebagai Wali Nagari Kacang yang baru mengatakan kemenangan yang kami raih dalam proses Pilwana serentak pada tahun 2019 kemaren merupakan kemenangan kita semua. Adrian mengajak seluruh lapisan masyarakat bersama-sama membangun nagari dan jangan ada lagi perbedaan diantara kita yang terjadi saat proses pilwana tahun kemarin.

“Mari kita jalin kerjasama yang baik dengan berbagai pihak yang ada di nagari maupun dengan perantau serta dengan pemerintah daerah agar nagari yang kita bangga-banggakan ini lebih maju lagi kedepannya,” ungkapnya.

Wali Nagari terpilih Adrian juga menjelaskan kepada seluruh masyarakat dan pemerintah daerah bahwa kami akan berusaha mewujudkan TP PKK yang aktif melaui ketu TP PKK Nagari.

Salah satu tokoh perantau Firdaus Umar Dt. Marajo dalam kesempatan itu sangat berharap kepada Wali Nagari yang baru untuk memajukan nagari dari segala bidang kedepannya. Firdaus Umar juga berpesan kepada Wali Nagari terpilih untuk memprioritaskan kebutuhan masyarakat yang dapat diwujudkan melalui program-program pembangunan pemerintah Nagari serta jangan ada perpecahan antar kelompok di Nagari Kacang, katanya.

Beriringan dengan itu Bupati Solok H. Gusmal SE MM berharap kepada pemimpin baru Nagari Kacang untuk menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan masyarakat dan jangan ada perbedaan dalam melayani masyarakat.

Bupati berpesan kepada Wali Nagari untuk selalu melakukan musyawarah dalam setiap memutuskan hal-hal yang berkaitan dengan khalayak ramai, serta selalu diskusikan dengan lembaga-lembaga yang ada di nagari serta dengan para perantau agar setiap program yang akan dilaksanakan tidak terkendala sedikitpun guna kemajuan untuk nagari enam tahun mendatang.

Bupati menambahkan wali nagari juga harus mendukung penuh setiap kegiatan TP PKK di nagari guna penunjang program pemerintah agar antara program kegiatan nagari dan PKK seimbang, jelasnya.

Bupati Solok H. Gusmal meminta kepada Wali Nagari dalam penyusunan RPJM nagari harus selaras dengan RPJM Kabupaten dan RPJM Provinsi dan penyusunanya harus selasai dalam jangka waktu tiga bulan kedepan terhitung sejak SK pelantikan. Bupati meminta kepada Wali Nagari terpilih untuk sesegera mungkin melakukan penyususunan peraturan nagari yang berkaitan dengan pengelolaan Danau Singkarak yang ada di wilayah Nagari Kacang.

Bupati Solok H. Gusmal juga meminta kepada Wali Nagari baru untuk melakukan pengawasan yang maksimal untuk wilayah Nagari Kacang berkaitan dengan kunjungan masyarakat ke tepian Danau Singkarak guna untuk mengantisipasi persoalan dan permasalahan yang terjadi ditepi danau. (Andar MK)

Pos terkait