Aspirasi Masyarakat Nagari Paninjauan Direspon Wabup Solok

Masjid Baitul Makmur Nagari Paninjauan Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok telah selesai dibangun dan Pemerintah Nagari serta pengurus bersama masyarakat melaksanakan acara peresmian Masjid yang langsung dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Drs. H. Nasrul Abit dan Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin, SH, Minggu (23/02/2020).

Juga dihadiri oleh Ketua GOW Ny. Dahliar Yulfadri Nurdin dan Camat X Koto Diatas Teta Midra, S.STP serta Wali Nagari Paninjauan Darsel Ilyas, turut hadir juga tokoh masyarakat Paninjauan Syamsu Rahim dan Forkopincam X Koto Diatas beserta Niniak Mamak, Alim Ulama, Bundo Kanduang, BMN, KAN dan Masyarakat Nagari Paninjauan dan para tamu undangan lainnya.

M. Jilis Dt. Rajo Pengulu sebagai ketua panitia pelaksana Peresmian Masjid Baitul Makmur Nagari Paninjauan dalam laporannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Wakil Gubernur Sumatera Barat dan Wakil Bupati Solok atas kehadirannya dalam rangka acara peresmian pemakaian Masjid Baitul Makmur Jorong Aia Batumbuak Nagari Paninjauan.

Bacaan Lainnya

M. Jilis menjelaskan bahwa Masjid ini berdiri berkat bantuan masyarakat Nagari Paninjauan baik yang berada di kampung maupun yang berada di rantau dan pembangunannya dimulai sejak tahun 2016 yang lalu.

Bantuan dana untuk pembangunan juga bersumber dari beberapa donatur diantaranya dari Pertamina 186 juta dan PT Angkasa Pura sebesar 30 juta, tambah M. Jilis

M. Jilis juga menerangkan keadaan Masjid yang diresmikan pemakaiannya pada hari ini namun Masjid ini masih ada kekuranganya seperti tempat berwudhu yang belum memadai serta rencana pembangunan MDA disamping Masjid.

Pembangunan MDA disamping Masjid akan kita mulai pada hari ini lanjutnya, M. Jilis juga meminta kepada bapak Wakil Gubernur Drs. H. Nasrul Abit dan bapak Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin untuk meletakkan batu pertama dialokasi berdirinya MDA tersebut.

Tak lama sesudah itu Wali Nagari Paninjauan Darsel Ilyas menyampaikan sepatah kata dihadapan semua masyarakat dan para tamu undangan dengan mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Wakil Gubernur Sumatra Barat Drs. H. Nasrul Abit dan Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin yang telah menyempatkan diri untuk hadir dalam rangka peresmian Masjid Baitul Makmur Dinagari Paninjauan.

Darsel Ilyas juga menjelaskan bahwa Pembangunan Masjid Baitul Makmur ini terletak di Jorong Aia Batumbuak Nagari Paninjauan yang mana Jorong tersebut sudah dideklarasikan oleh Kanwil Departemen Agama Provinsi Sumatera Barat sebagai jorong yang bernuasa Islami.

Senada dengan itu tokoh masyarakat Nagari Paninjauan yang pernah juga menjabat sebagai Bupati Solok periode 2010-2015 Syamsu Rahim, Ia juga mengucapkan terima kasih dan selamat datang di Nagari Paninjauan kepada bapak Wakil Gubernur dan Wakil Bupati Solok.

Syamsu Rahim melanjutkan pembicaraannya dengan mewakili masyarakat Nagari Paninjauan kami berharap bantuan untuk kegiatan di Perpustakaan Nagari Paninjauan seperti pengadaan buku-buku bacaan yang bernuasa Islami dan bantuan pengadaan motor untuk operasional petugas pustaka, harapnya.

Mantan Bupati Solok ini juga berharap kepada seluruh masyarakat Nagari Paninjauan untuk selalu membantu perawatan Masjid Baitul Makmur ini nantinya.

Beriringan dengan itu Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kepada Wali Nagari beserta masyarakat Paninjauan yang telah membangun sebuah Masjid yang sangat megah ini.

Wakil Bupati berharap dengan peresmian pemakaian Masjid ini betul-betul dapat dipergunakan oleh masyarakat untuk meningkatkan ibadah di Nagari Paninjauan.

Pemerintah daerah sangat mendukung Nagari Paninjawan khususnya Jorong Aia Batumbuak sebagai jorong yang bernuasa Islami. Jelas Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin.

H. Yulfadri Nurdin merespon permohonan Wali Nagari dan tokoh masyarakat Paninjauan, Mengenai pembangunan MDA disamping Masjid dan bantuan untuk perpustakaan Nagari akan kita tindaklanjuti dengan cara berkoordinasi dahulu dengan pihak terkait lainnya, jelasnya.

Terakhir Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat Nagari Paninjauan untuk selalu mendukung program Kabupaten Solok yaitu Magrib Mengaji dan Subuh Berjamaah.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Drs. H. Nasrul Abit dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi Daerah Kabupaten Solok khususnya masyarakat Nagari Paninjauan yang sudah membangun Masjid sebagai tempat Ibadah dan Syiar Agama.

Semoga dengan keberadaan masjid ini akan semakin meningkatkan ibadah masyarakat Nagari Paninjawan yang sudah termasuk sebagai nagari yang bernuansa Islami, jelas Wakil Gubernur Sumatera Barat.

Drs. H. Nasrul Abit berharap dari Masjid yang megah ini akan lahir nantinya para Ulama-Ulama dan para pemuka Agama Sumatera Barat nantinya.

Terakhir Wakil Gubernur Sumatera Barat Drs. H. Nasrul Abit menambahkan harapannya kepada Wakil Bupati dan Wali Nagari serta tokoh masyarakat untuk membentengi Generasi Muda kita dari pengaruh pergaulan bebas seperti Narkoba dan LGBT yang sudah sangat meresahkan masyarakat di Sumatera Barat. (Andar MK)

Pos terkait