Peringatan Dini Bencana Alam Kodim 0309 Solok Jalankan Program Kentongan

Tentara Nasional Indonesia (TNI) dicintai dan selau dihati rakyat tentunya bukan hanya karena keahlian dan kesetian mereka dalam mempertahankan Negara Kesatua Republik Indonesia (NKRI), tapi tentunya karena TNI yang selalu tumbuh dan besar bersama rakyat, TNI yang selalu hadir dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang beragam, dan ikut membantu masyarakat dalam berbagai Kondisi, tidak terkecuali TNI yang juga selalu hadir dalam setiap banyaknya bencana yang terjadi , maupun langkah-langkah TNI dalam membantu masyarakat dalam mengedukasi penanggulangan dini terhadap bencana alam.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Kodim 0309/Solok, yang memiliki wilayah teritorial Solok Kota, Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan, dengan melaksanakan berbagai program Pembinaan pada daerah Teritorialnya, dimana salah satunya adalah program ‘Kentongan’.

Dengan harapan melalui program kentongan yang diprakarsai oleh kodim 0309 /Solok, dengan seluruh jajaran Koramil, dapat mengedukasikan masyarakat tentang mitigasi bencana alam. Karena tentunya hal tersebut memang dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga dampaknya nanti bisa benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

Senin (27/01/2020), Terkait kegiatan tersebut, kepada media ini Dandim 0309/Solok Letkol Arm Reno Triambodo S. Sos. M.I. Pol mengatakan bahwa cara program kentongan ini akan sangat berguna bagi masyarakat, walaupun sangat tradisional, namun dalam kondisi darurat, atau tengah kondisi bencana yang biasanya alak komunikasi moderen sering terkendala, maka kentongan peringatan dengan menggunakan kentongan akan sangat membantu dalam melakukakan evakuasi.

“Program ini sangat penting bagi masyarakat, walaupun hal ini sangat tradisional, dimana apabila sarana komunikasi modern terputus, dengan suara kentongan, kita bisa berkomunikasi dalam mengirim berita ataupun pesan melalui tanda bunyi-bunyian.

Terutama di daerah berpotensi bencana alam seperti gempa bumi, longsor, banjir dan lain-lain, dengan mengakrabkan suara kentongan ini nantinya masyarakat bisa mempersiapkan diri melaksanakan evakuasi sehingga meminimalisir korban yang ditimbulkan.

Macam-macam jenis suara kentongan kita akrabkan kepada masyarakat, sesuai dengan jenis bencana alam yang terjadi,” Terang Dandim.

Kemudian, juga diharapkannya dengan terus menggaungkan program Kentongan , yang terus disosialisasikan melalui para Babinsa yang bertugas dan tersebar di seluruh nagari dan kelurahan di daerah teritorial kodim 0309/ Solok, diharapkan pemahaman soal Peringatan Dini (Early Warning System) tersebut bisa menjadi gaya hidup masyarakat, sehingga masyarakat bisa mengerti dan paham bila, dan atau dalam menghadapi bencana alam. Jelasnya. (Miler)

Pos terkait