Pemkab Solok Dukung IKPM DPW Bali Hadir Ditengah Masyarakat

Bupati Solok Gusmal, SE. MM. menghadiri pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Perantau Muaro Paneh (IKPM) DPW Bali periode 2019 s.d 2024. Pelantikan tersebut berlangsung di Gedung Serbaguna Ikatan Keluarga Minang Saiyo (IKMS), Minggu (26/01/2020).

Hadir mendampingi bupati Danpomdam IX Udayana, Kol. Tugino, SH, S.Sos. Wakil Ketua DPRD Kab. Solok, Renaldo Gusmal, Kepala Barenlitbang, Erizal, SE.MM. Kepala Kesbangpol, Junnaidi, S.Sos. Kabag KSD, Devi Pribadi, S.Sos. Kabag Humas, Syofiar Syam, S.Sos. M.Si. Kabag Umum, Syefdinon, SE. MM. Ketua DPP IKPM, Rifo Darma Saputra, Ketua IKPM DPW Bali, Firdaus Mansur. Ketua DPW IKPM se-Indonesia dan segenap tokoh masyarakat Nagari Muaro Paneh beserta Ketua IKMS daerah Bali serta seluruh undangan.

Delvi Hendri, ketua pelaksana menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah ikut bekerja. Ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi terhadap seluruh undangan yang telah berkenan hadir dari berbagai unsur dan kalangan.

Bacaan Lainnya

“Acara ini bersifat swadaya dan tidak ada minta bantuan biaya dari pihak manapun, semoga dengan kebersamaan ini organisasi kita tetap eksis dan semakin maju hendak nya, Amin YRA,” kata Firdaus Mansur, menyampaikan sambutan sebagai ketua IKPM terpilih.

IKPM saat ini telah berusia 26 tahun, sudah empat periode kepengurusan ini berjalan. Di usia yang begini kami berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi warga kita, dimana selain berkiprah di IKPM kita juga bersinergi dg IKMS sebagai induk organisasi perantau kita, tambahnya.

Pertemuan rutin setiap bulan dilakukan untuk mempererat tali silaturahmi dan membuat program kerja yang akan di laksanakan. Kami juga punya group perdana sebagaimana telah ditampilkan sebagai bentuk untuk melestarikan adat dan budaya khususnya di daerah rantau ini.

“Kami mengharapkan bantuan dan support dari Bupati Solok dalam rangka pelaksanaan program dan kegiatan serta melestarikan adat dan budaya khususnya bagi organisasi kita ini,” sambutan ketua DPP IKPM Pusat, Rifo Darma Saputra.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok Ronaldo Gusmal menyampaikan selamat kepada pengurus terpilih semoga bisa menjadi panutan dan teladan bagi warga khususnya warga perantauan Muaro paneh di Bali.

“Untuk membangun nagari tidak hanya bisa mengandalkan APBD, maka dari itu mari kita perantau berbuat dan bersinergi antara pemerintah daerah dan eksekutif untuk membangun kampung halaman,” katanya.

Sementara Bupati Solok, Gusmal juga menyampaikan ucapan selamat kepada segenap pengurus DPW IKPM Bali yang baru saja selesai dilantik dengan harapan dapat bekerja dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab.

“Pikirkan warga dan perantauan di bidang kesejahteraannya, kehidupannya, sekolahnya, kekerabatannya. Banyak organisasi kenagarian di kabupaten Solok ini memiliki ciri khas dalam membangun kampung halamannya, begitu juga dengan organisasi IKPM ini juga harus membuat ciri khas untuk membangun kampung halamannya,” tegas Gusmal.

Selaku pemimpin di Kabupaten Solok, Ia memberikan dukungan penuh kepada segenap pengurus dari seluruh warga agar mereka semua dapat bekerja untuk kepentingan warganya.

“Basamo mako manjadi, maka dari itu kerjasama antara pengurus dan seluruh warga akan menjadi kekuatan baru khususnya untuk kepentingan bersama. Pandai-pandai hiduik di rantau, pandai menyesuaikan diri dengan warga dan pemerintahan setempat, apapun yang menjadi program dan kegiatan pemerintah setempat harus di dukung penuh,” ungkapnya.

Gusmal juga menceritakan kondisi Kabupaten Solok sekarang ini sudah berangsur menuju ke arah yang lebih baik, maka dari itu agar lebih optimal mari bersama kita membangun kampung halaman kita. Semoga IKPM  ini menjadi organisasi yang baik dan sukses ke depannya. (Andar MK)

Pos terkait