Forikan dan Dispakan Sosialisasikan Gemarikan kepada Anak-anak PAUD

DHARMASRAYA, TOP SUMBAR–Guna mendukung gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) di tengah masyarakat, Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Dharmasraya bekerjasama dengan Dinas Pangan dan Perikanan (Dispakan) menyelenggarakan sosialisasi dan pemberian makanan berbahan ikan kepada murid PAUD/TK Pembina Nagari Sungai Duo, Jum’at (15/03/2019).

Pemberian makanan berbahan ikan bagi anak-anak TK dan PAUD ini dilakukan langsung oleh Ketua Umum Forikan Kabupaten Dharmasraya, Ny. Dewi Sutan Riska dan turut didampingi oleh Kepala Dinas Pangan dan Perikanan, Budi Waluyo.

Menurut Budi Waluyo, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi generasi cilik Dharmasraya agar gemar memakan ikan, guna menunjang kesehatan dan kecerdasan mereka.

“Agar ke depan Dharmasraya menjadi daerah yang makin eksis dan berprestasi karena diisi oleh generasi yang sehat dan cerdas,” ujarnya.

Disamping menunjang kesehatan dan kecerdasan, menurut Budi, Gemarikan juga akan mampu membawa dampak bagi peningkatan perekonomian masyarakat. Karena, jika makin banyak orang yang gemar makan ikan, tentu kebutuhan akan ikan juga ikut meningkat. Dengan begitu, para petani ikan di Dharmasraya semakin bersemangat dalam menjalankan usahanya dan meningkatkan produksinya.

Tidak hanya itu, sambung Budi, melalui program ini pemerintah juga ingin mendorong bertumbuhnya usaha-usaha kecil yang memproduksi berbagai makanan berbahan dasar ikan, yang dapat menjadi mata pencarian baru bagi masyarakat.

“Jadi, di samping mendidik anak-anak untuk gemar makan ikan, kita juga berupaya menyediakan makanan berbahan ikan, yang mudah ditemukan oleh anak-anak di lingkungan sekitarnya,” tukas Budi.

Sementara itu, Ketua Umum Forikan Dharmasraya, Ny. Dewi Sutan Riska mengatakan, meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat harus dimulai sejak dini, itulah kenapa perlu dilakukan sosialisasi kepada anak-anak PAUD/TK.

“Anak-anak adalah aset yang sangat berharga, kualitas mereka akan menjadi penentu masa depan daerah bahkan bangsa ini. Maka dari itu, kita perlu menjaga mereka dengan baik, salah satunya lewat asupan gizinya, dengan mendidik mereka agar gemar makan ikan yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan dan kecerdasan anak,” pungkas Dewi. (Yanti/Hms)

LEAVE A REPLY