Capai Target lebih Awal dengan Lebih dari 1.000 Hotel, 1.200 Mitra Pemilik Hotel dan 5 Juta Pelanggan, OYO Luncurkan Program Dedikasi “OPEN” untuk Pemilik Hotel

JAKARTA, TOP SUMBAR – OYO Hotels & Homes (“OYO”), jaringan hotel terbesar di Indonesia, dan terbesar ketiga di dunia (berdasarkan jumlah kamar), hari ini secara resmi mengumumkan pencapaian terbarunya di Indonesia. Kurang dari satu tahun beroperasi di Indonesia, OYO kini telah bermitra dengan lebih dari 1.000 hotel, 27.000 kamar yang tersebar di 100 kota di Indonesia, serta 1.200 pemilik hotel yang bergabung di dalam jaringan OYO. Pencapaian ini berhasil diraih lebih cepat dari target awal perusahaan, yaitu berekspansi ke 100 kota di Indonesia pada akhir 2019. Sebagai bentuk apresiasi dan komitmen OYO terhadap 1.200 mitra pemilik hotel yang memiliki peran sangat penting dalam pencapaian ini, OYO meluncurkan “OPEN” (OYO Partner Engagement Network), sebuah program dedikasi jangka panjang OYO untuk mitra pemilik hotel, guna membantu mereka dalam mempercepat pertumbuhan bisnisnya di setiap langkah.

Ritesh Agarwal, Founder & Group CEO OYO Hotels & Homes, yang turut menghadiri peluncuran OPEN di Jakarta mengatakan, “Indonesia menjadi kunci pertumbuhan OYO di Asia Tenggara dan global. Saat ini OYO telah tumbuh menjadi jaringan hotel terbesar di Indonesia. Kami juga bangga, karena semakin mendapat kepercayaan dari pemilik hotel di Indonesia yang saat ini sudah berjumlah 1.200. Bagi kami, mitra pemilik hotel telah menjadi bagian terpenting dalam perjalanan bisnis OYO yang telah berhasil hadir di 100 kota ini. Mereka adalah sumber saran dan masukan terbaik bagi kami, yang memungkinkan OYO dapat berkembang sangat pesat di Indonesia. Saya sangat bangga dengan pencapaian ini, dan ingin mengucapkan terimakasih kepada tim OYO Indonesia, dan seluruh mitra pemilik hotel kami yang selalu bekerja tanpa lelah, dan selalu mendukung OYO dalam mengembangkan bisnis kami di Indonesia.“

Ritesh menambahkan, “Sebagai bentuk apresiasi atas kepercayaan 1.200 pemilik hotel di Indonesia serta membuktikan komitmen kami untuk memberikan upaya proaktif dalam membantu pemilik aset mempercepat bisnis mereka di setiap langkah, OYO meluncurkan OPEN sebagai wadah untuk bertukar ide, memberikan dukungan, dan yang terpenting untuk membangun hubungan baik antara OYO dengan para mitra pemilik hotel.”

dr. Mandar Vaidya yang telah bergabung dengan OYO sebagai CEO South East Asia and Middle East, OYO Hotels & Homes, mengatakan “Kami telah berkomitmen untuk berinvestasi sebesar US$200 juta di Asia Tenggara guna mendorong ekspansi agresif dalam jangka waktu dua tahun kedepan. Di pasar Asia Tenggara dan Timur Tengah, Indonesia menjadi prioritas kami, dengan menginvestasikan modal sebesar US$ 100 juta, setengah dari jumlah investasi OYO di pasar Asia Tenggara. Hal ini membuktikan keseriusan kami dalam menggarap pasar Indonesia dan menciptakan ekosistem industri perhotelan yang kondusif, melalui model bisnis full stack berbasis teknologi.”

Pencapaian terbaru OYO dengan menggandeng 1.200 pemilik hotel, lebih dari 1.000 hotel, 27.000 kamar yang tersebar di 100 kota ini merupakan pencapaian OYO yang telah berhasil melampaui target awal. Rishabh Gupta, Country Head OYO Hotels & Homes, Indonesia, mengatakan, “Pada awalnya, kami menargetkan untuk mencapai 100 kota pada akhir 2019, akan tetapi dalam jangka waktu kurang dari satu tahun kami berhasil mencapainya. Pencapaian luar biasa ini dapat kami capai dengan dukungan penuh dari jutaan pelanggan setia kami, kerja keras lebih dari 950 OYOpreneurs (karyawan OYO), dan lebih dari 1.200 mitra pemilik hotel yang mempercayakan bisnisnya kepada jaringan hotel kami. Kami berharap dengan program OPEN dapat meningkatkan kerjasama dan hubungan baik kami dengan seluruh mitra pemilik hotel di Indonesia. Sehingga kami bersama-sama mampu memberikan pengalaman menginap berkualitas dengan harga kompetitif untuk semua kalangan.”

Lebih lanjut, sebagai implementasi dari dua pilar dalam program OPEN, yaitu bisnis dan pertumbuhan, OYO memberikan 4 Komitmen Utama kepada pemilik hotel, yang meliputi:

Protokol Pembayaran Transparan: OYO akan membayarkan denda sebesar 1 per mil/hari dengan maksimum 3% apabila kami terlambat membayar uang pendapatan hasil rekonsiliasi kepada pemilik.Bantuan Finansial: OYO akan memberikan akses kepada opsi pembiayaan yang lebih mudah untuk para mitra pemilik hotel yang ingin memperbaiki propertinya, melalui bank dan institusi finansial lain yang telah bekerjasama dengan OYOSistem Pemasaran Mutakhir: OYO akan memberikan dukungan kepada mitra pemilik hotel dalam meningkatkan saluran pemasaran termasuk konten dan dukungan desainInovasi teknologi: Kemampuan teknologi OYO didesain secara khusus untuk membantu pemilik hotel melalui solusi teknologi terkemuka seperti OYO OS, sistem manajemen properti dan intervensi berbasis teknologi lainnya.

Kemudian, sebagai implementasi dari pilar partisipasi dan penghargaan, OYO memperkenalkan tampilan baru dari aplikasi Co-OYO (Co-OYO app) dan fitur microsite OPEN yang terdapat di dalam Co-OYO app.

Co-OYO App: Aplikasi ini dibuat khusus untuk mitra pemilik hotel agar mereka dapat selalu terinformasikan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bisnis hotelnya, mulai dari manajemen keuangan, hingga operasional yang dapat diakses secara mudah melalui satu aplikasi.Microsite OPEN: Microsite ini terdapat di dalam Co-OYO app sebagai wadah bagi komunitas mitra pemilik hotel dalam memperkuat jaringan komunitas tersebut. Microsite dilengkapi dengan berbagai cerita dan konten menarik seperti kisah sukses dan inspiratif dari pemilik hotel, aktivitas komunitas, dokumentasi mitra baru OYO, hingga program pembelajaran bagi mitra pemilik hotel melalui video yang berisi pengetahuan bisnis yang berguna untuk menambah wawasannya.

Agus Hartono Wijaya, selaku Country Head of Business Development OYO Hotels & Homes Indonesia, mengatakan, “OYO telah berkomitmen untuk memberikan informasi yang transparan untuk kepentingan para mitra pemilik hotel. Melalui program OPEN ini, kami akan memberikan akses kepada seluruh informasi yang penting bagi para mitra pemilik hotel, mulai dari bantuan pendanaan, insentif, aktivitas komunitas mitra, dan lainnya. Melalui peluncuran OPEN ini, selain membantu pemilik hotel mempercepat perkembangan bisnisnya, juga dapat menjadi sarana untuk menjalin komunikasi yang baik antara manajemen OYO dengan mitra pemilik hotel. Kedepannya, akan diadakan program lanjutan dari OPEN, yaitu Partner Promotion Month, dan Awards untuk mitra pemilik hotel.”

Program OPEN ini juga disambut antusias oleh para mitra pemilik hotel OYO. Danny Puk, pemilik OYO 001 Apple Platinum mengatakan, “Kami sangat berterimakasih kepada OYO untuk selalu memberikan ruang untuk mengembangkan bisnis perhotelan kami. Fitur-fitur yang ada di aplikasi Co-OYO sangat membantu kami untuk memantau bisnis kami, mulai dari manajemen keuangan, hingga ke operasional properti kami. Hal ini meningkatkan motivasi kami sebagai mitra pemilik hotel untuk terus berusaha meningkatkan okupansi hotel kami. Semenjak bergabung dengan OYO, okupansi hotel saya meningkat menjadi lebih dari 75% hingga 80% berkat dukungan dan solusi yang diberikan oleh OYO.”

Sebagai jaringan hotel nomor 1 di Indonesia (berdasarkan jumlah kamar), OYO telah membangun kehadirannya di 100 kota di Indonesia dengan lebih dari 1.000 hotel tersebar di seluruh negeri dari Sabang hingga Kupang. OYO terus fokus untuk memberikan pengalaman menginap terbaik sekaligus meningkatkan pendapatan bagi pemilik hotel, menghasilkan peluang kerja secara lokal, serta menciptakan sekitar 13.000 peluang ekonomi langsung dan tidak langsung di Indonesia. Hal ini lebih lanjut memperkuat komitmen OYO untuk berpartisipasi dalam mentransformasi bisnis perhotelan di Indonesia, melalui model bisnis full-stack berbasis teknologi. (*)

LEAVE A REPLY