Bupati Dharmasraya Ingatkan OPD Bekerja Sesuai Visi Misi Kepala Daerah

DHARMASRAYA, TOP SUMBAR– Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, meminta seluruh program dan kegiatan yang diusulkan oleh setiap perangkat daerah harus memiliki fokus dan prioritas yang jelas, serta bermuara pada terwujudnya visi dan misi dirinya bersama Wakil Bupati selaku kepala daerah.

Hal ini disampaikan secara tegas oleh Bupati saat membuka secara resmi Forum Lintas Perangkat Daerah dalam rangka Penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2020, di Auditorium Dharmasraya, Rabu (13/03/2019).

Dikatakan Bupati, mempedomani capaian hasil tahun sebelumnya dan rencana target tahun 2020 yang sudah tertuang di dalam perubahan RPJMD Kabupaten Dharmasraya tahun 2016-2021, maka rencana kerja pemerintah daerah untuk tahun 2020 diarahkan pada pemantapan infratruktur dasar dan peningkatan sumber daya manusia untuk pembangunan yang berkelanjutan.

“Untuk itu, saya minta setiap OPD harus cermat menerjemahkan hal ini, agar program dan kegiatan yang akan dilaksanakan selaras dengan kebijakan kepala daerah dan arah pembangunan yang telah ditetapkan. Sehingga pembangunan yang kita lakukan betul-betul memberi dampak positif dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tegas Bupati.

Selain itu, Bupati juga meminta setiap OPD agar dapat melakukakan klarifikasi secara mendalam terhadap usulan yang telah disampaikan masyarakat dalam musrenbang Nagari, musrenbang RKPD kabupaten di kecamatan dan program prioritas nasional dan propinsi. Sehingga rencana kerja perangkat daerah memuat program dan kegiatan yang mempunyai daya ungkit terhadap pencapain indikator kinerja sasaran yang secara langsung akan berpengaruh terhadap pencapaian target visi dan misi kepala daerah di tahun 2020.

Untuk mendukung itu semua, imbuh Bupati, tahun ini BAPPPEDA akan menerapkan e-planning dengan memakai aplikasi Simda Perencanaan untuk menjamin konsistensi perencanaan dan anggaran serta meminimalisir kegiatan yang tidak sesuai dengan sasaran kinerja yang sudah ditetapkan, sehingga program dan kegiatan yang akan dilaksanakan secara langsung memiliki daya ungkit yang jelas dan terukur dalam pencapaian target kinerja Pemerintah Daerah.

Adapun, turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt Rajo Medan, Sekda, Adlisman, para asisten dan segenap Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Dharmasraya. (Yanti/Hms)

LEAVE A REPLY