Pemko Padang Panjang Gelar Musrenbang RKPD 2025, Pj Wako Sampaikan Isu Strategis Pembangunan Padang Panjang

TOPSUMBAR –  Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2035, Rabu (6/3/2024).

Mengutip siaran pers Diskominfo Padang Panjang, Musrenbang tingkat kota ini digelar guna menyelaraskan dan menyempurnakan hasil Musrenbang mulai dari tingkat RT, Kelurahan dan Kecamatan yang telah digelar sebelumnya.

Kegiatan Musrenbang berlangsung di Hall Lantai III Balai Kota ini, dibuka Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si sekaligus menjadi pemateri. Dihadiri Forkopimda, OPD, organisasi serta berbagai instansi dan elemen masyarakat di Kota Padang Panjang. Dengan pemateri Perwakilan Bappeda Provinsi.

Sonny menyampaikan, RKPD ini adalah dokumen perencanaan daerah untuk periode satu tahun atau disebut dengan rencana pembangunan tahunan daerah.

“Ini perlu kita musyawarahkan karena dengan RKPD kita akan mengetahui perencanaan apa, permasalahan apa dan isu strategis apa yang akan kita tetapkan untuk satu tahun ke depan. Sehingga kita mendapatkan program kegiatan yang akan kita kerjakan nanti,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikannya, RKPD sudah dirancang sesuai dengan masukan-masukan yang ada. Hasil rancangan ini akan dimusyawarahkan lagi, perlu saran dan masukan dari setiap pihak sehingga RKPD ini sempurna.

“Kita hadir di sini untuk merumuskan bersama RKPD ini. Kita akan pertajam dan menyelaraskan kegiatan pembangunan daerah ini,” sebutnya.

Selain itu Sonny juga menjelaskan beberapa progres dan permasalahan pembangunan 2025, serta isu strategis pembangunan Padang Panjang.Seperti capaian pembangunan makro yang cukup baik dan beberapa program prioritas. Ada tujuh program yang dijelaskan dan difokuskan pada 24 program pembangunan Padang Panjang 2025.

Tujuh prioritas itu di antaranya meningkatkan produktivitas ekonomi sektor unggulan daerah, percepat penanggulangan kemiskinan, tingkatkan kualitas pendidikan yang berkarakter dan berdaya saing, tingkatkan derajat kesehatan masyarakat, tingkatkan kualitas infrastruktur dan lingkungan hidup yang berkelanjutan, tingkatkan kinerja penyelenggara pemerintahan daerah yang berakhlak. Serta tingkatkan tatanan kehidupan sosial masyarakat yang tenteram dan agamais.

“Kita berharap semua yang hadir saat ini memberikan masukan dan saran, sehingga RKPD kita ini akan sempurna dengan program sesuai dengan keinginan kita bersama,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Bappeda, Argus Saadah, S.Sos, M.Si menyebutkan, Musrenbang RKPD diadakan guna untuk mendapatkan masukan dan saran dari berbagai pihak. Sehingga RKPD ini rampung dan menjadi program prioritas Padang Panjang.

(AL)

Pos terkait