DPC PPDI Padang Panjang Periode 2024- 2029 Dilantik, Penjabat Wali Kota Ucapkan Selamat dan Apresiasi

TOPSUMBAR – Kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Padang Panjang periode 2024-2029 dilantik oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PPDI Sumatera Barat, Ebnovrio Hanesty, M.Pd, Ahad (3/3/2024) di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Padang Panjang.

Pelantikan kepengurusan DPC PPDI Padang Panjang yang diketuai Muhamad Ilham. S.Ds, M.Sn berbarengan dengan Rapat Kerja DPC PPDI Padang Panjang.

Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra yang turut menyaksikan momen pelantikan itu, dalam sambutannya mengucapkan selamat dan mengapresiasi pelaksanaan pelantikan dan Raker DPC PPDI Padang Panjang.

“PPDI hadir untuk mewujudkan kesetaraan dan inklusi bagi semua penyandang disabilitas. Sehingga disabilitas dapat mandiri, menjadi SDM yang unggul. Bahkan bisa berkontribusi untuk pembangunan bangsa dan negara,” kata dia dilansir laman Diskominfo Padang Panjang.

Pemerintah Kota selama ini, sebut Sonny, telah berkomitmen untuk terus mendukung penyandang disabilitas serta penyelenggaraan program-program kerja perangkat daerah yang berpihak pada mereka.

Program yang sudah dijalankan oleh Pemko dalam melayani kaum disabilitas antara lain,  pembangunan trotoar ramah disabilitas di kawasan Pasar Pusat, program pemberian sembako dan makanan bagi keluarga disabilitas.

Kemudian, pemenuhan kebutuhan dasar dan pendampingan serta peningkatan aksesibilitas sosial penyandang disabilitas berupa bantuan BLT Kemensos, KIS, BPNT, PKH, KKS, dan JKN, yang bersumber dari APBN dan APBD Provinsi/Kota,

“Program rehabilitasi sosial dasar penyandang disabilitas terlantar di luar panti. Serta pada 2023 telah direalisasikan dana hibah bah untuk PPDI sebesar Rp50 juta yang bersumber dari APBD,” tuturnya.

Sementara itu, Ilham menyampaikan rasa syukur lantaran hari ini merupakan momentum bersejarah bagi PPDI Kota Padang Panjang.

“Saya menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemko Padang Panjang yang terus berupaya menjadikan Padang Panjang sebagai Kota Inklusi,” ujar Ilham yang pada periode sebelumnya menjabat Sekretaris DPC PPDI Padang Panjang.

Ucapan terima kasih turut disampaikan Ebnovrio Hanesty. Dikatakannya, Pemko Padang Panjang memfasilitasi tempat yang layak untuk eksistensi organisasinya.

Harapannya, kebijakan dan perhatian terhadap disabilitas bisa diperkuat lewat peraturan daerah atau pun peraturan wali kota.

Kepada PPDI Padang Panjang, dia berpesan agar tetap eksis, menyatukan komitmen yang kuat dan kompak, mewujudkan Padang Panjang sebagai Kota Inklusi.

“Allah tetapkan takdir,  namun disabilitas mampu berkarya. Kami akan membuktikan bisa melampaui batas dengan semangat yang  terus kami kembangkan,” imbuhnya.

Acara ini disemarakkan dengan penampilan seni anggota PPDI. Para penyandang disabilitas terlihat bahagia berfoto dengan Pj Wako dan Forkopimda.

Turut hadir pada acara pelantikan, di antaranya Kapolres, AKBP Kartyana Widyarso Wardoyo Putro, SIK, MAP, Kepala Kantor Kemenag, Drs. H. Alizar, M.Ag, Pj Sekdako, Dr. Winarno, M.E, jajaran pejabat Pemko, dan undangan lainnya.

(AL)

Pos terkait