Mengungkap Rahasia Terowongan Kereta Api Peninggalan Belanda di Sumatra Barat

Mengungkap Rahasia Terowongan Kereta Api Peninggalan Belanda di Sumatra Barat. (Foto : Dok. Istimewa)
Mengungkap Rahasia Terowongan Kereta Api Peninggalan Belanda di Sumatra Barat. (Foto : Dok. Istimewa)

Terowongan KA Lubang Kalam merupakan terowongan kereta api terpanjang kedua di Indonesia dengan panjang mencapai 828 meter.

Dibangun pada tahun 1892-1894, terowongan ini dulunya digunakan untuk mengangkut batu bara dari Sawahlunto ke Pelabuhan Teluk Bayur.

Bacaan Lainnya

Kini, terowongan ini menjadi salah satu objek wisata sejarah yang menarik dikunjungi di Sumatra Barat.

3. Terowongan Kupitan

Terowongan Kupitan terletak di antara Stasiun Muaro Kalaban dan Stasiun Padang Sibusuk.

Dibangun pada tahun 1920-1922, terowongan ini memiliki panjang 600 meter dan menawarkan suasana yang lebih mistis dibandingkan dengan terowongan lainnya.

Keberadaan terowongan-terowongan kereta api di Sumatra Barat ini menjadi bukti sejarah panjang perkeretaapian di Indonesia.

Pos terkait