KSPPS Hidup Berkah Bermakna Mencatatkan SHU Kota Padang Panjang mencapai Rp 97 Juta

KSPPS Hidup Berkah Bermakna Mencatatkan SHU Kota Padang Panjang mencapai Rp 97 Juta

TOPSUMBAR – Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Hidup Berkah Bermakna (KSPPS HBB) berhasil mencatatkan Sisa Hasil Usaha (SHU) tahun 2023 sebesar Rp97.081.623, meningkat dari jumlah sebelumnya yang mencapai Rp59.738.366.

Pencapaian ini diumumkan dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) KSPPS HBB Tahun Bergulir 2023, yang diselenggarakan pada Jumat, 16 Februari 2024 di Gedung M. Sjafei.

KSPPS HBB yang dipimpin oleh Mardiah Muluk ini kini memiliki 228 anggota, mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya 178 anggota.

RAT tersebut dihadiri oleh Pj Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, beserta pejabat Pemerintah Kota terkait.

Acara juga secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Endrizal, SE M.Si.

Sonny Budaya Putra menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya RAT ini.

“Kami memberikan apresiasi yang tulus kepada pengurus dan pengawas KSPPS HBB karena telah berhasil menyelenggarakan RAT sesuai dengan ketentuan peraturan perkoperasian yang berlaku,” ujarnya.

Selain itu, Sonny juga menekankan bahwa KSPPS HBB telah memiliki Anggaran Dasar Syariah dan sudah terdaftar secara resmi di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Koperasi ini dengan jelas memiliki tujuan untuk mengatasi praktik rentenir di pasar-pasar Kota Padang Panjang.

Menurut Sonny, koperasi syariah merupakan cita-cita dari pemerintah dan komunitas koperasi Kota Padang Panjang.

Visi misi kota tersebut mendapat dukungan yang besar karena sangat sesuai dengan citra kota sebagai Serambi Mekkah.

Sementara Endrizal menyatakan bahwa peningkatan SHU dan kinerja KSPPS HBB dapat tercapai karena diisi oleh individu-individu yang hebat, berkomitmen, dan berpengalaman.

Selain itu, ia juga menyarankan agar Return on Assets (ROA) yang saat ini mencapai 1,04% dapat ditingkatkan hingga mencapai 7%.

Pada akhir acara, Endrizal memberikan piagam penghargaan atas komitmen dan konsistensi KSPPS HBB dalam menyelenggarakan RAT.

Selain itu, KSPPS HBB juga menyalurkan zakat kepada Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) sebesar Rp4.102.947 dan kepada Mualat Center sebesar Rp4 juta.

(AL)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait