DPK Lakukan Pembinaan Kearsipan di Dinas Kominfo Padang Panjang

DPK Lakukan Pembinaan Kearsipan di Dinas Kominfo Padang Panjang

TOPSUMBAR – Dalam rangka persiapan audit penilaian arsip, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) melaksanakan kegiatan pembinaan arsip ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada hari Kamis, 15 Februari 2024.

Rombongan dari DPK yang dipimpin oleh Kepala Bidang Kearsipan, Sri Hidayani, S.E, Ak, disambut oleh Sekretaris Kominfo, Ario Dian Pratama, S.T, beserta Kasubag Umum dan Kepegawaian, Irmi Syafrita, di ruang kerja mereka.

Sri Hidayani menjelaskan bahwa pembinaan ini dilakukan sebagai bagian dari persiapan audit penilaian arsip tingkat kota yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Juni mendatang.

“Hari ini kita memulai pembinaan arsip di Dinas Kominfo. Pembinaan ini akan melibatkan OPD, kecamatan, dan kelurahan di seluruh Kota Padang Panjang. Kami akan menjelaskan secara detail formulir audit sistem kearsipan internal (ASKI),” ujarnya.

Lebih lanjut, Sri Hidayani menjelaskan bahwa berbagai aspek akan dinilai dalam audit tersebut, seperti aspek penciptaan, penggunaan, pemeliharaan, penyusutan, sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana kearsipan.

Instrumen-instrumen tersebut akan dijelaskan dengan memberikan contoh langsung, seperti tata naskah dinas, pembuatan daftar arsip aktif, daftar arsip inaktif, dan daftar arsip vital.

“Audit kearsipan pada dasarnya adalah proses menilai kesesuaian antara prinsip, kaidah, dan standar kearsipan dengan penyelenggaraan kearsipan. Tujuannya adalah untuk mengevaluasi bagaimana pencipta arsip melakukan pengelolaan arsip secara prosedural dan sistematik,” tambahnya.

Sri Hidayani berharap bahwa kegiatan ini akan meningkatkan nilai pengawasan kearsipan internal di Padang Panjang serta meningkatkan capaian pengawasan kearsipan eksternal.

Sementara itu, Ario Dian Pratama menegaskan bahwa hal-hal yang disampaikan dalam kegiatan ini akan ditindaklanjuti oleh pihak Kominfo agar dapat memperoleh hasil yang terbaik pada saat penilaian audit arsip.

Pada kesempatan tersebut, juga turut hadir Kasi Pembinaan Arsip, Wendri Jasman, dan Arsiparis, Winda Desrah M.

(AL)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait