Tips dan Cara Mengatasi Kulit Berjerawat

TOPSUMBAR – Munculnya jerawat menjadi salah satu permasalahan kulit yang sering terjadi pada setiap orang. Baik anak muda maupun orang tua.

Timbulnya jerawat tentunya bisa mengurangi kepercayaan diri seseorang. Jerawat adalah kondisi saat muncul bintik pada permukaan kulit dengan kantung nanah di dalamnya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat seperti menumpuknya kotoran, sel kulit mati, dan sebum pada kulit yang menyumbat pori.

Bacaan Lainnya

Jerawat sering muncul pada wajah karena sering terpapar polusi dan membuat kotoran menempel dengan mudah. Namun jerawat juga bisa muncul di bagian tubuh lainnya, seperti di punggung.

Cara Mengatasi Jerawat

Menggunakan sabun antiseptic merupakan salah satu cara untuk mengatasi kulit berjerawat.

Kini ada banyak produk sabun antiseptic yang bisa anda gunakan, salah satunya adalah Betadine Skin Cleanser.

Betadine Skin Cleanser atau BSC merupakan sabun antipsetik untuk kulit yang digunakan sebagai pengobatan untuk penyakit kulit seperti jerawat, rambut berketombe, menghilangkan bau badan, dan sebagai sabun cuci wajah.

Selain itu, bisa juga digunakan untuk membersihkan tangan sebelum operasi dan membersihkan daerah yang akan dioperasi.

Betadine Skin Cleanser dikemas dalam botol berwarna merah. Lalu pada bagian depan kemasan, terdapat informasi mengenai nama brand, produk kandungan utama, dan berat bersihnya.

Tutup kemasan BSC yang digunakan berbentuk flip top yang aman tidak akan tumpah saat terjatuh secara tidak sengaja.

Cara Penggunaan:

  1. Pastikan sebelum menggunakan produk ini, kulit wajah yang akan dibersihkan sudah basah dengan air.
  2. Buka tutup flip top BSC dan tuangkan sabun cair secukupnya di telapak tangan.
  3. Ratakan sabun cair pada kedua tangan anda hingga sabun berbusa.
  4. Lalu usapkan pada kulit wajah berjerawat yang akan dibersihkan.
  5. Tunggu dan diamkan selama kurang lebih 30 detik, kemudian bilas menggunakan air bersih.

Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Selain menggunakan sabun antieptik, ada cara lainnya yang bisa dicoba untuk mengatasi jerawat, antara lain:

  1. Lemon

Lemon dipercaya dapat menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang membandel karena mengandung asam askorbat L. kandungan Asam askorbat L dalam lemon ini dapat mengurangi masalah peradangan pada kulit berjerawat dan juga dapat membersihkan pori pori wajah yang tersumbat.

Lemon juga dikenal sebagai pencerahkulit dan penghilang noda hitam bekas jerawat. Lemon dipotong menjadi dua lalu diperas sehingga menghasilkan air. Air perasan lemon dioleskan kewajah yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk.

  1. Saffron

Jika anda memiliki permasalahan kulit seperti jerawat, maka anda bisa coba mengatasi hal tersebut menggunakan saffron. Anda bisa menggunakan saffron ini sebagai masker wajah alami dengan menambahkan susu cair putih. Susu putih sendiri berkhasiat sebagai zat yang melepaskan sel kulit mati.

Dengan menggunakan masker wajah saffron dan susu putih secara rutin, maka jerawat dan noda pada wajah anda pun akan memudar dengan cepat.

  1. Alpukat + Madu

Alpukat ini mengandung vitamin E sehingga sering digunakan seseorang untuk mengatasi jerawat dan menghilangkan bekas jerawat di kulit mukanya.

Vitamin E dalam alpukat ini dapat mengurangi peradangan pada kulit. Alpukat ini nantinya akan dikombinasikan dengan madu dan akan dijadikan masker.

Kandungan hidrogen peroksida yang ada pada madu bersifat antibakteri sehingga bermanfaat untuk kulit. Alpukat dan madu yang sudah menjadi masker itu nantinya akan dioleskan pada bekas jerawat selama 15 – 20 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.

(HT)

 

Pos terkait