Sutan Riska Ajak Masyarakat Manfaatkan Irigasi untuk Budidaya Ikan di Dharmasraya

TOPSUMBAR – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska, mengungkapkan potensi perikanan yang tinggi di Kabupaten Dharmasraya saat merilis 5000 bibit ikan di kolam wisata ketahanan pangan Nagari Tabek, Kecamatan Timpeh, pada Kamis 14 Desember 2023.

Dikatakan oleh Ketua Umum Apkasi, Sutan Riska, bahwa perbandingan potensi perikanan Dharmasraya dengan kabupaten tetangga sangat menguntungkan berkat dukungan dari Irigasi Batang Hari dan Saluran Irigasi Batang Siat.

Kabupaten ini dianugerahi sumber daya air yang melimpah, terdiri dari 55 sungai dengan total panjang mencapai 96 km.

Bacaan Lainnya

Sungai Batang Hari, sebagai salah satu sungai terbesar di Pulau Sumatera, mengalir di Dharmasraya, dan potensi irigasi dari sungai ini dapat mencakup kolam seluas 1200 Ha.

Sutan Riska mengajak masyarakat Nagari Tabek untuk memanfaatkan potensi tersebut dalam budidaya ikan, dengan tujuan meningkatkan perekonomian dan konsumsi ikan untuk pencegahan stunting.

Ia menambahkan bahwa, perikanan memiliki peran vital dalam pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kita harus memaksimalkan potensi ini untuk meningkatkan produksi ikan dan konsumsi ikan.

Selain itu, Bupati juga mengajak Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan) untuk meningkatkan konsumsi ikan, terutama di kalangan generasi muda.

Ikan dianggap sebagai sumber protein yang baik, kaya akan asam lemak omega-3, rendah lemak jenuh, tinggi protein, serta mengandung vitamin D, kalsium, dan yodium.

Sutan Riska menekankan bahwa harga ikan terjangkau oleh masyarakat, sehingga kebutuhan protein dan nutrisi dalam rumah tangga dapat terpenuhi.

Ia juga menambahkan juga mengajak, mari tingkatkan kesadaran gizi individu dan kolektif melalui Gemarikan untuk mengonsumsi ikan yang aman, sehat, dan halal, melibatkan seluruh elemen masyarakat.

Sutan Riska memberikan apresiasi kepada Wali Nagari Tabek atas inisiatif dalam pembangunan kolam wisata ketahanan pangan, sejalan dengan himbauan pemerintah untuk meningkatkan potensi ketahanan pangan di tengah kondisi ekonomi global yang tidak stabil.

(YAN)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait