Sutan Riska Ajak Masyarakat Dharmasraya Tingkatkan Kesadaran Kesehatan Gigi Sejak Dini

TOPSUMBAR – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, secara resmi membuka Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) yang diselenggarakan oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Dharmasraya.

Acara berlangsung di halaman kantor bupati setempat, Pulau Punjung, pada Kamis 30 November 2023.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) menyampaikan bahwa masalah kesehatan gigi dan mulut, khususnya gigi berlubang, masih menjadi perhatian utama di semua daerah.

Bacaan Lainnya

Sayangnya, kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut masih rendah, sering dianggap bukan sebagai masalah yang serius.

Beliau menegaskan bahwa kerusakan gigi yang lebih lanjut dapat berdampak pada kesehatan secara umum dan mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama bagi pelajar.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Tahun 2018, sekitar 57,6 persen penduduk Indonesia mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut.

Meskipun 94,7 persen menyatakan rajin menyikat gigi setiap hari, hanya 2,8 persen yang melakukannya dengan benar, yaitu sebelum sarapan pagi dan sebelum tidur malam.

Dari permasalahan ini, Sutan Riska menekankan perlunya upaya terus menerus dan terpadu dengan menanamkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut melalui diseminasi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dan para stakeholder, terutama dalam kegiatan BKGN ini.

Bupati berharap agar PDGI Dharmasraya dapat memberikan bimbingan dan motivasi secara berkesinambungan di sekolah-sekolah dan masyarakat untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.

Dia juga mengajak Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya untuk merancang program kesehatan gigi bagi anak sekolah, sehingga kesadaran menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat tertanam sejak usia dini.

“Mari kita tingkatkan semangat kepedulian, komitmen, dan lakukan gerakan nyata pembangunan kesehatan gigi untuk mewujudkan Senyum Indonesia, Gigi Kuat, Mulut Sehat,” ajaknya.

(YAN)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait