Optimalkan APBD 2023, Amanat Bupati Dharmasraya untuk Peningkatan Kesejahteraan

TOPSUMBAR – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, memimpin Apel Gabungan Bulan Desember di halaman kantor bupati pada Senin, 4 Desember 2023.

Dalam amanatnya, Bupati mengingatkan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kabupaten Dharmasraya Tahun 2023 tinggal sekitar 0,5 bulan lagi, dan perlu dioptimalkan untuk memastikan manfaatnya bagi masyarakat Kabupaten Dharmasraya.

Per 30 November 2023, capaian pendapatan baru mencapai 78,72%, sementara realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Pajak Daerah masing-masing mencapai 88,96% dan 89,33%.

Bacaan Lainnya

Bupati menekankan pentingnya peningkatan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), terutama pada Pajak Hiburan dan PBB yang baru mencapai 60% setiap tahunnya.

Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diminta untuk meningkatkan realisasi retribusi, dengan beberapa OPD memiliki capaian terendah.

Bupati juga membahas Ranperda APBD Kabupaten Dharmasraya Tahun 2024 yang telah disampaikan ke Provinsi untuk evaluasi Gubernur.

Dengan defisit sebesar Rp.121.993.827.413,- pada APBD Tahun 2024, OPD diharapkan untuk mengubah budaya kerja, mengadopsi kerja digital, dan mengurangi belanja yang tidak efektif.

Pembangunan program, kegiatan, sub-kegiatan, dan anggaran di APBD TA. 2024 harus dilakukan secara efisien, efektif, dan responsif terhadap dinamika perekonomian.

Bupati juga menyoroti pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, menekankan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai UU Nomor 20 Tahun 2023, dan melarang Wali Nagari melakukan politik praktis sesuai dengan regulasi Pemilu.

Bupati berharap agar Wali Nagari menyelesaikan program kegiatan TA .2022 dengan segera dan dapat mempertanggungjawabkannya.

Dia juga berharap Pemerintahan Nagari dapat menyelesaikan Anggaran Pendapatan Belanja (APB) Nagari sesuai prioritas dan menunggu Peraturan Menteri Keuangan yang mengatur pagu anggaran dana desa untuk Tahun 2024.

(YAN)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait