KPU Padang Panjang Sosialisasikan Pemilu 2024, Ini Jumlah DPT, Dapil, TPS, Caleg dan Warna Kertas Suara

TOPSUMBAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Padang Panjang sosialisasikan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di lapangan Bancah Laweh pada Minggu (24/12/2023).

Kegiatan sosialisasi ini dibuka Penjabat (PJ) Wali Kota Padang Panjang Sonny Budaya Putra serta dihadiri sejumlah pimpinan OPD, unsur Forkopimda, dan warga masyarakat.

Pada sosialisasi ini KPU kota Padang Panjang mengusung tema ‘Pemilu Sarana Integrasi Bangsa. Stop Kecurangan. Stop Politik Uang’.

Tampil membawakan materi sosialisasi seputar Pemilu 2024 adalah koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya pada KPU Kota Padang Panjang, Masnaidi, B.S.Kom. MAP.

Masnaidi dalam pemaparannya menyebutkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) kota Padang Panjang per- tanggal 21 Juni 2023 berjumlah 43.482 orang.

“Ke 43.482 orang DPT ini tersebar di 196 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 16 Kelurahan dari dua kecamatan yang ada di kota Padang Panjang, plus Satu TPS khusus di rumah tahanan negara kelas IIB Padang Panjang,” ujar dia.

Kemudian, dia menyebutkan di kota Padang Panjang terdapat 2 (Dua) Daerah Pemilihan (Dapil), yaitu Dapil 1 Padang Panjang Barat (PPB) dan Dapil 2 Padang Panjang Timur (PPT).

“Dapil I PPB alokasi kursi DPRD berjumlah 11 kursi dan Dapil II PPT alokasi kursi berjumlah 9 kursi. Artinya total alokasi kursi DPRD kota Padang Panjang dari kedua Dapil tersebut berjumlah 20 kursi,” sebut dia.

Kemudian Masnaidi menyampaikan, di kota Padang Panjang dari 18 Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu (diluar 6 Parpol Aceh, red) terdapat 15 Parpol yang mengusulkan calonnya untuk dipilih menjadi anggota DPRD kota Padang Panjang.

“Total calon anggota DPRD kota Padang Panjang dari ke 15 parpol tersebut berjumlah 208 orang calon anggota DPRD,” ujar Masnaidi.

“Nantinya ke 208 orang calon anggota DPRD inilah yang akan berkontestasi merebut suara pemilih dan berebut total 20 alokasi kursi anggota DPRD kota Padang Panjang,” sambungnya melanjutkan.

Seterusnya, Dia menyebutkan pada Pemilu yang dilangsungkan pada tanggal 14 Februari 2024 nanti pemilih akan mendapatkan 5 (Lima) kertas suara dengan lima warna berbeda.

Rinciannya kertas suara calon presiden dan calon wakil presiden berwarna abu-abu, kertas suara calon anggota DPR-RI berwana Kuning, kertas suara calon anggota DPD-RI berwarna Merah, kertas suara  calon anggota DPRD provinsi berwarna biru, dan kertas suara calon anggota DPRD kota Padang Panjang berwarna Hijau.

“Kelima kertas suara itu nantinya dimasukkan ke kotak suara yang disediakan sesuai dengan warna kertasnya, dan jangan salah memasukkan,” rincinya.

Hal penting lain disampaikan Masnaidi, KPU kota Padang Panjang menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang di kota Padang Panjang melebihi target nasional.

“Bila target partisipasi pemilih secara nasional pada Pemilu 2024 pada angka 81,5 persen, maka target partisipasi pemilih Pemilu di kota Padang Panjang bisa melebihi persentase angka dimaksud,” sebut dia.

Ditambahkannya, kegiatan sosialisasi Pemilu 2024 ini digelar merupakan rangkaian tahapan Pemilu yang sedang dilaksanakan. Dimana saat ini KPU sedang gencar-gencarnya melaksanakan sosialisasi pelaksanaan Pemilu di tengah- tengah masyarakat

“Dari kegiatan sosialisasi ini kita harapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat kota Padang Panjang pada Pemilu 2024 mendatang,” pungkasnya.

(Alfian YN)

Pos terkait