Jangan Panik Dulu! 6 Cara Ampuh Ringankan Beban Utang Pinjol Membengkak

Jangan Panik Dulu! 6 Cara Ampuh Ringankan Beban Utang Pinjol Membengkak
(Foto: Jangan Panik Dulu! 6 Cara Ampuh Ringankan Beban Utang Pinjol Membengkak/Topsumbar.co.id-Shutterstock)

Topsumbar – Jangan Panik Dulu! Beban utang pinjol yang membengkak bisa ringan dengan beberapa cara di bawah ini.

Pinjaman online (pinjol) belakangan ini telah menjadi fenomena tersendiri di tanah air, terutama bagi masyarakat yang menginginkan pinjaman dana secara instan.

Sebenarnya, pinjol dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan dana darurat yang pada umumnya bisa cair ke rekening dalam hitungan menit saja.

Bacaan Lainnya

Namun dengan kemudahan itu, tidak sedikit pengguna aplikasi pinjol yang justru terjerat utang pinjol karena tidak bisa mengelola keuangan dengan baik yang mengakibatkan bunga dan denda yang membengkak.

Nah, apabila terlanjur terjerat utang pinjol yang membengkak, Anda perlu mengetahui dan menerapkan beberapa cara agar bisa meringankan beban yang bisa bikin stress tersebut.

Untuk meringankan utang pinjol yang membengkak, jangan pernah membayaranya dengan utang lain atau dengan istilah ‘gali lubang tutup lubang’. Artinya, sangat penting untuk tidak mengambil pinjaman tambahan untuk melunasi utang pinjol sebelumnya yang hanya akan memperburuk keadaan.

Dilansir Topsumbar.co.id (07/11/2023) dari berbagai sumber, berikut adalah cara ampuh meringankan beban utang pinjol yang membengkak:

1. Ajukan ‘Restrukturisasi Kredit’

Agar bisa meringankan beban utang pinjol yang membengkak, nasabah bisa mengajukan ‘Restrukturisasi Kredit’.

Restrukturisasi Kredit adalah upaya untuk meringankan beban kredit yang terlalu besar. Restrukturisasi bisa diajukan untuk penurunan bunga pinjaman, perpanjangan tenor, hingga pengurangan tunggakan pada bunga kredit.

Jadi, silahkan segera ajukan retstrukturisi kredit ke customer service/call center dari pihak pinjol terkait. Hal ini bertujuan agar cicilan ataupun potongan bunga yang membengkak agar lebih ringan.

Setelah mengajukan restrukturisasi, peminjam harus mengupayakan untuk membayar cicilan sesuai dengan hal yang disepakati pada pengajuan tersebut. (DANA Kaget)

2. Dapatkan pinjaman yang fleksibel

Seperti yang dijelaskan di awal, jika Anda yang terlilit hutang pinjol yang membengkak dan ingin mengajukan pinjaman online yang lain meskipun bunga lebih ringan, sangat tidak dianjurkan. Karena dapat memperburuk keadaan.

Silahkan pinjam ke keluarga/kerabat, teman, atau rekan kerja terdekat sehingga bisa membantu proses pelunasan pinjaman online yang membengkak. Karena, mereka biasanya akan lebih fleksibel mengenai pelunasan pinjaman tanpa bunga.

Pos terkait