Danau Laut Tinggal, Destinasi Wisata Instagenik di Sumatera Barat yang Unik Banget!

Danau Laut Tinggal, Destinasi Wisata Instagenik di Sumatera Barat yang Unik Banget! (Foto : Dok. Istimewa)
Danau Laut Tinggal, Destinasi Wisata Instagenik di Sumatera Barat yang Unik Banget! (Foto : Dok. Istimewa)

TOPSUMBAR – Saat berpetualang mencari keindahan alam di Sumatera Barat, ada satu tempat yang wajib masuk dalam daftar perjalanan Topers, Danau Laut Tinggal.

Terletak di ketinggian sekitar 1940 meter di atas permukaan laut (mdpl), danau ini adalah perwakilan sempurna dari keindahan alam yang belum tersentuh.

Bacaan Lainnya

Tersembunyi di Nagari Sungai Aua, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, danau ini menyimpan sejumlah misteri dan daya tarik yang membuatnya begitu istimewa.

Mengapa Topers Harus Mengunjungi Danau Laut Tinggal?

Danau ini terletak pada ketinggian yang memukau, mencapai 1940 mdpl.

Keindahannya yang masih alami dan terjaga dari tangan manusia menjadikannya tujuan yang sangat menarik bagi petualang dan pencinta alam.

Danau Laut Tinggal tersembunyi di Jorong Sitabu, Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat, yang berjarak sekitar 37 km dari ibu kota Kecamatan Sungai Aur.

Keterpencilan tempat ini menciptakan magnet tersendiri bagi mereka yang mencari petualangan di alam yang belum tersentuh.

Dikelilingi oleh dua gunung, Gunung Bendera dan Gunung Malintang, serta dihiasi oleh bukit-bukit yang memperindah pemandangan, Danau cantik ini memiliki diameter sekitar 3 km.

Airnya berwarna hijau toska yang memukau mata, dan saat malam hari cuaca cerah, langit di atasnya dihiasi oleh bintang-bintang, menciptakan suasana romantis yang tak terlupakan.

Mengapa Danau Ini Sangat Unik?

Salah satu karakteristik unik Danau ini adalah airnya yang memiliki tingkat keasaman yang sangat rendah, dengan pH sekitar 2, sehingga tidak cocok untuk diminum.

Hal ini diduga disebabkan oleh sifat vulkanik danau ini yang mengandung sulfur berbahaya.

Pos terkait