Alahan Panjang, Surga Wisata di Puncak Sumatera Barat

Alahan Panjang: Surga Wisata di Puncak Sumatera Barat. (Foto : Pixabay)
Alahan Panjang: Surga Wisata di Puncak Sumatera Barat. (Foto : Pixabay)

TOPSUMBAR – Alahan Panjang, sebuah surga tersembunyi di Sumatera Barat, menyajikan sejumlah tempat wisata yang memukau. Dalam artikel ini, Topsumbar akan mengantarkan Topers menjelajahi beberapa destinasi menarik yang bisa dinikmati saat berkunjung ke surga wisata ini.

1. Danau Kembar Alahan Panjang

Wisata Alahan Panjang menjadi lebih ikonik berkat keberadaan Danau Kembar. Nama Danau Kembar ini disematkan karena terdapat dua danau serupa yang berjarak hanya 300 meter, meski dekat.

Bacaan Lainnya

Meskipun disebut “Danau Diatas,” sebenarnya danau ini berada pada ketinggian yang lebih rendah, sementara Danau Dibawah berada pada ketinggian yang lebih tinggi.

Sungai Batanghari yang membelah Pulau Sumatera dan bermuara di Selat Malaka adalah asal muasal air Danau Diatas, sementara asal muasal air Danau Dibawah masih misterius hingga saat ini.

Perbedaan lainnya adalah dalam hal kedalaman. Danau Diatas tergolong dangkal dengan kedalaman hanya 44 meter, sementara Danau Dibawah memiliki kedalaman luar biasa mencapai 884 meter.

Danau yang indah ini dapat Topers nikmati dengan menaiki perahu, memancing, dan menikmati pemandangan kebun sayur, kebun teh, serta bunga-bunga yang cantik.

Yang membuat pengalaman ini semakin istimewa adalah pemandangan Gunung Api Talang yang sangat memukau. Topers dapat mengakses Danau Diatas dengan mobil jika berminat untuk berkunjung. Ini adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Pos terkait