10 Resep Sambalado Khas Minangkabau Sumatera Barat, Kamu Boleh Coba Masak di Rumah

TOPSUMBAR – Sambal merupakan salah satu pelengkap makanan di Indonesia, banyak sekali makanan yang menggunakan sambal sebagai penambah cita rasanya. Makanan di Indonesia terkenal dengan sambalnya yang enak dan unik.

Beberapa makanan yang enak jika diberi sambal saat memakannya yakni bakso, jika kita makan bakso tidak memakai sambal akan merasa kurang enak apalagi bagi yang sangat menyukai pedas.

Berbagai macam jenis sambal yang ada di Indonesia, setiap daerah bahkan memiliki sambal khas sendiri yang harus dicoba. Namun ada sepuluh resep sambalado khas Minangkabau Sumatera Barat yang wajib jadi rekomendasi ibu-ibu untuk mencobanya di rumah.

Bacaan Lainnya

1. Sambalo Matah

Bahan yang dibutuhkan untuk resep sambalado matah ini yaitu;
– 10 buah cabe keriting segar
– 5 buah cabe rawit
– 6 siung bawang merah
– 2 siung bawang putih
– garam secukupnya
– gula pasir secukupnya
– minyak panas satu sendok makan

Langkah – langkah membuatnya adalah:
– Cuci cabe keriting dan cabe rawit yang sudah dipisahkan dari tangkainya, lalu cuci juga bawang putih dan bawang merah yang sudah dikupas.
– lalu potong kecil bawang merah dan putih supaya mudah dihaluskan.
– kemudian haluskan cabe keriting dan rawit terlebih dahulu dengan taburan garam dan gula. Setelah mulai halus, kemudian tambahkan bawang putih dan ulek hingga halus.
– panaskan minyak goreng, kemudian tuang ke dalam ulekan cabe dan bawang. Aduk rata, dan sajikan dengan nasi hangat dan lauk pauk lainnya.

Biasanya, makan dengan sambalado mantah ini dipasangkan dengan berbagai lalapan sayuran seperti rebusan tumis kangkung, pucuk daun singkong (pucuak parancih), rebus buah terong, dan sayuran lainnya. Lebik nikmat disajikan dengan perpaduan ikan asin goreng atau dibakar, lalu hidangkan untuk keluarga tercinta.

Pos terkait