KUR BRI 2023 Terancam Dihentikan, Ini Hal yang Harus Dilakukan Pihak Bank

Ilustrasi KUR BRI 2023
Ilustrasi KUR BRI 2023 (foto: Topsumbar)

Kenapa KUR Dihentikan?

KUR 2023 terancam dihentikan pada Juli 2023 karena belum ada keputusan KMK mengenai persetujuan subsidi bunga KUR, sehingga jika KUR tetap ada, akan merugikan Bank Penyalur.

Resiko bagi bank penyalur jika tetap memberikan KUR yaitu tidak dapat menawarkan nominal sesuai ketetapan aturan KUR sebelumnya, terutama pada pembayaran bunga.

Sehingga, besaran subsidi yang ditetapkan tidak sesuai dengan cost structure (rencana biaya bunga KUR) BRI karena tidak memenuhi ekspektasi Yield yang sudah terkomitmen sejak awal.

Bacaan Lainnya

Kedua, KUR yang disalurkan Maret sampai Juni 2023, tidak dapat dilakukan pembukuan subsidi dan membuat BRI tidak memenuhi peraturan penyaluran KUR 2023.

Menurut Youtuber ENR Project Review, dasar penyaluran KUR saat ini hanya berdasarkan notulen rapat dengan Kemenko Perekonomian RI tanggal 9 Maret 2023.

Baca juga: Tabel Angsuran KUR BRI 2023 Plafon Rp500 Juta, Simulasi Cicilan Hingga Tips Pengajuan

Hal yang Dilakukan Bank Terkait Pinjaman

Namun, penyaluran KUR 2023 tetap kembali berlangsung apabila aturan KMK sudah diperbarui. Namun hingga awal Juli 2023, belum ada penerbitan informasi tersebut.

Bahkan, menurut Youtuber ENR Project Review, besaran pengajuan kouta KUR telah ditarik oleh kantor pusat karena keputusan menteri keuangan belum terbit terkait subsidi bunga.

Tidak hanya itu, persentase kredit KUR yang nunggak dan macet juga jadi penyebab penyalurannya dihentikan. Akibatnya, jumlah pinjaman lebih besar dari jumlah tunggakan.

Hal yang harus dilakukan pihak bank terkait masalah di atas adalah dengan mengalihkan nasabah untuk mengajukan kredit non KUR, sehingga pembayaran bunga nya jauh lebih besar.

Selanjutnya, pihak bank dapat menganalisa nasabah dan meminta mereka melunasi pinjaman lain sebelumnya. Bahkan, nasabah yang memiliki cicilan pada bank lain tidak akan diizinkan mengajukan KUR.

Itulah informasi terkait penyebab KUR BRI 2023 terancam dihentikan dan hal-hal yang harus dilakukan pihak bank, semoga bermanfaat. (fat)

Jika kamu ingin mendapatkan informasi terkait Pinjaman Bank dan Pinjaman Online setiap harinya, silakan bergabung di Grup Telegram Pinjol Penghasil Uang.

Pos terkait