Wow… Ratusan Jalur Padati Tepian Lubuok Sobae Baserah

Baserah | Topsumbar  — Sebanyak 110 jalur padati arena pacu jalur Tepian Lubuok Sobae Baserah dalam rangka helatan akbar Pekan Budaya dan Festival Pacu Jalur Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2022 di Kecamatan Kuantan Hilir dan Kuantan Hilir Seberang.

Hal tersebut menandakan kerinduan masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau begitu besar terhadap helatan budaya yang sudah diwarisi turun-temurun sejak zaman dahulu.

Perwakilan jalur-jalur dari Kabupaten tetangga, yakni seperti Indragiri Hulu (Inhu), sedikitnya telah mendaftarkan diri sebanyak kurang lebih 10 jalur, sementara 100 lainnya asal Kabupaten Kuansing.

Bacaan Lainnya

Ratusan haluan jalur yang memadati arena perhelatan akbar tahun 2022 tersebut tampak berhias bak gadis bersolek hingga H-1 (sehari sebelum pelaksanaan), event kebudayaan yang terbilang sakral ini menjadi suatu ajang sangat bergengsi bagi masyarakat Kuansing, baik yang didalam maupun diperantauan.

Ketua Umum (Ketum) Pelaksana, H Wariman DW SP MSi didampingi Camat Kuantan Hilir Jhon Pitte Alsi SIP menyampaikan bahwa, perhelatan akbar ini adalah perhelatan event budaya yang merupakan jati diri orang Baserah sesungguhnya.

“Alhamdulillah, hingga pukul 21.00 WIB sudah teregistrasi sebanyak 110 jalur di Sekretariat Pacu Jalur Baserah Tahun 2022,” ujarnya pada Jum’at (12/08/2022) malam di Baserah.

Sesuai data, sambung Jhon Pitte Alsi, pendaftar ke 110 pada Jum’at malam yakni jalur asal Kecamatan Inuman. “Terakhir jalur Banser Datuk Panglimo Dalam Desa Seberang Pulau Busuk Inuman,” tandasnya.(*)

 

Dapatkan update berita pilihan seputar Sumatera Barat hari ini dari Topsumbar.co.id. Mari bergabung di Grup Whatsapp “TOPSUMBAR|Media Online”, caranya klik link https://chat.whatsapp.com/HIjz25fqv3j6AguRPbSoeT, kemudian join. Anda harus install aplikasi Whatsapp terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait