Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Topsumbar Peduli · 6 Nov 2020 19:22 WIB ·

Tono Warga Kinari Solok Derita Kanker Ganas


 Rudi Hartono, penderita kanker ganas di Nagari Kinari, Kecamatan Bukit Sundi Kab. Solok. Perbesar

Rudi Hartono, penderita kanker ganas di Nagari Kinari, Kecamatan Bukit Sundi Kab. Solok.

Rudi Hartono, itulah nama lengkap pak Tono warga Lakuek Jorong Galanggang Tinggi Nagari Kinari, Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok menurut pemeriksaan medis menderita kanker otot.

Bapak tiga orang anak ini, sudah sebulan penuh terbaring di tempat tidur dan tidak bisa mencari nafkah untuk anak istri.

Awalnya, keluarga tidak mengetahui penyakit apa yang menyerang tubuh pak Tono, sebab sebelumnya hanya merah-merah saja di sebagian wajah dan tubuh.

Setelah berobat ke dokter, menurut pemeriksaan medis menderita kanker otot.  Ini termasuk kangker ganas dan langka di Indonesia.

Saai ini pak Tono hidup di rumah orang tuanya di Lakuek Jorong Galanggang Tinggi Nagari Kinari, Pak Tono dirawat dengan sepenuh hati oleh anak ke duanya.

Pekerjaan pak Tono sehari-hari hanya sebagai petani, berbagai cara pengobatan sudah dilakukan, bahkan sudah melakukan operasi pengangkatan sel-sel kanker. Namun masih ada benjolan yang tumbuh dan masih membutuhkan biaya untuk pengobatan.

Akibat benjolan yang bersarang di punggung, bapak Tono tidak bisa tidur terlentang dan kehilangan nafsu makan. Bahkan untuk berjalan sudah tidak bisa lagi.

Kepala Korong, Syaiful dan masyarakat sekitar sudah berusaha mencarikan donator untuk meringankan biaya berobat pak Tono.

Pak Syaiful, organisasi gadis kampus dan masyarakat sekitar lah yang mengurus administrasi berobat pak Tono ke Rumah Sakit M. Djamil Padang.

Sekarang Pak Tono harus menjalani control rutin ke Rumah Sakit M. Djamil Padang tentu membutuhkan biaya berobat.

Kepala Jorong berharap kepada masyarakat yang mau menyumbangkan sedikit hartanya kepada pak Tono, agar bisa berobat dan menghidupi keluarga. Dengan harapan pak Tono bisa sembuh dan bekerja seperti biasa.

“Kami berharap masyarakat bisa membantu biaya berobat pak Tono,” kata Syaiful saat ditemui media ini, Jumat (06/11/2020).

Untuk biaya hidup sehari-hari, sekarang keluarga pak Tono dibiayai oleh putri sulungnya yang sedang merantau, sebagian didapat dari sumbangan masyarakat sekitar.

Putri, anak ke dua pak tono hanya berharap kesembuhan ayah tercintanya. Tak lelah ia berdoa dan berusahan untuk kesembuhan ayahnya.

“Semoga bapak capet sembuh dan bisa hidup seperti biasa,” harapnya. (***)

SALURKAN DONASI UNTUK KESEMBUHAN PAK TONO DI NOMOR 1012.0103.00041.6 ATAS NAMA PT UPDATE TOP MEDIA/ TOPSUMBAR PEDULI DAN HUBUNGI REDAKSI KAMI DI WA 082381558076 UNTUK LAKUKAN KONFIRMASI.

Hits: 6

Artikel ini telah dibaca 98 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Cerita Ramadan Bersama PMI: Ada Asa Lansia Sudirman di Huntara 27

7 April 2022 - 13:04 WIB

Gandeng PMI Pasbar, Media Top Sumbar Inisiasi Aksi Berbagi Cerita Ramadhan di Huntara

6 April 2022 - 14:24 WIB

Topsumbar Peduli, Merekah Senyum Anak-Anak di Tenda Pengungsi

10 Maret 2022 - 12:44 WIB

Pondok Pesantren Salafiyah al-Madinatul Munawwaroh Dharmasraya Butuh Uluran Tangan Donatur

8 Agustus 2021 - 16:33 WIB

Pak Hartono Warga Kinari Kab.Solok Derita Kanker Ganas

7 November 2020 - 15:44 WIB

Rudi Hartono, penderita kanker ganas di Nagari Kinari, Kecamatan Bukit Sundi Kab. Solok.
Trending di TopSumbarTV