Bupati Solok Bersama Dinas Kesehatan Serahkan Bantuan Kepada Puskesmas Se-Kabupaten

Bupati Solok bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Solok melaksanakan kegiatan penyerahan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada seluruh Puskesmas yang ada di daerah Kab. Solok, pada hari Selasa, (09/06/20202), bertempat di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Solok.

Dalam acara penyerahan APD tersebut, Bupati Solok (H. Gusmal, SE, MM) langsung menyerahkan kepada seluruh Puskesmas se-kabupaten dan didampingi oleh Kepala Dinkes Kab. Solok (dr. Maryeti Marwazi, Mars) serta Kepala DPM PTSP Naker Kab. Solok (drh. Kenedy Hamzah).

 Pada kesempatan tersebut, Kadis Kesehatan Kab. Solok dr. Marzetty Marwazi melaporkan bahwa bantuan yang diberikan oleh pemerintah daerah kepada Puskesmas se-kabupaten berupa APD lengkap serta perlengkapan pengurusan jenazah Covid-19 dengan jumlah 1.145 paket dan diserahkan kepada seluruh Puskesmas yang ada di Kab. Solok melalui kepala puskesmas masing-masing kecamatan, sebanyak 14 puskesmas di Kab. Solok.

Bacaan Lainnya

“Semua APD tersebut berasal dari dana BTT tahap kedua dari dinas kesehatan Kab. Solok,” tambahnya.

Kemudian dr. Maryetty Marwazi menjelaskan, diantara APD lengkap tersebut terdiri dari hazmat suit, masker 3 play, masker N95, handscoen steril, handscoen non steril, hand sanitizer, alkohol 70%, thermal gun, vaccine carier, kantong mayat, pati mayat, plastik pembungkus mayat dan multi vitamin.

Beriringan dengan itu Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM dalam sambutannya mengucapkan berterima kasih dan mengapresiasi para tenaga kesehatan yang selalu siap berada di garda depan dalam rangka menangani Covid-19 di daerah Kabupaten Solok.

H. Gusmal berpesan pada kesempatan tersebut melalui kepala Puskesmas agar para tenaga medis yang menangani pasien dengan menggunakan APD yang memenuhi standar kesehatan, terutama bagi tenaga medis yang kontak langsung dengan pasien ada gejala Covid-19.

“Awasi dan laporkan selalu segala kejanggalan yang ada di masyarakat, terkait dengan gejala-gejala Covid-19 yang ada didaerah kita,” tambahnya.

Kemudian Bupati juga berpesan kepada Kepala Puskesmas dan jajaran agar dapat terus memberikan sosialisasi maupun edukasi kepada masyarakat, baik mengenai tentang Covid-19, bahaya/ dampak Covid-19 maupun langkah penanggulangan dan antisipasi penularan Covid-19 di tengah-tengah masyarakat.

“APD yang diserahkan saat ini agar dapat dimanfaatkan dan dipergunakan bagi tenaga kesehatan yang berhak, terutama yang berada di garda depan dalam menangani Covid-19 di daerah Kabupaten Solok,” tegasnya.

Terakhir Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM juga menjelaskan bahwa pemerintah daerah akan selalu melakukan pengawasan terhadap langkah penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Solok.

(Andar MK)

Pos terkait