Nazar Ikhwan: Air Terjun Siburai-Burai Kinali Akan Kita Jadikan Objek Wisata

PASAMAN BARAT, TOPSUMBAR — Pengabdian itu bak detak jantung, dengan izin Allah ia akan terus berdenyut hingga kematian menjemput sebut Nazar Ikhwan Imbang Langik tokoh adat Nagari Kinali saat melepas lelah perjalanan menuju objek wisata Air Terjun Siburai-Burai bersama sejumlah petani dan pemuda di lereng bukit Jorong Sigunanti, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, Rabu kemarin (8/10).

Setiba dilokasi, rasa letih raganya yang tak lagi muda diantara rombongan itu seakan terbayar lunas oleh eloknya pemandangan bentang alam, udara yang amat sejuk dengan desir Air Terjun Siburai-Burai nan damai, kondisinya urung tersentuh pengembangan maupun pencemaran.

“Kedatangan kita kesini bersama warga guna menganalisa kebutuhan pengembangan Siburai-Burai untuk dijadikan objek wisata, sebelum mengajukan permohonan pembangunan infrastrukturnya pada instansi terkait. Dengan harapan, agar potensi alam yang dimiliki daerah ini dapat melahirkan kesejahteraan bagi lingkungan,” ujar Nazar Ikhwan Imbang Langik yang juga Ketua KAN Nagari Kinali ini.

Perjalanan menuju siburai-burai kinali

Tidak hanya Siburai-Burai, Jorong Sigunanti ini juga memiliki berbagai potensi handal lainnya baik dibidang pariwisata terlebih disegi pertanian dengan berbagai komoditi, seperti alpukat, minyak nilam dan lainnya.

“Berkat dukungan masyarakat dan perhatian pemerintah, satu persatu potensi itu sudah mulai terbangunkan. Seperti Aia Maruok, Embung Bancah Sopan dan lainnya, kini telah mengalami perubahan yang sangat signifikan, selain sebagai embung keindahan alamnya bancah sopan juga menyimpan nilai sejarah kebudayaan yang sangat penting,” ulasnya.

Kepala Jorong Sigunanti Frangki didampingi Ketua Keltan Tunas Baru Ilham Palemi dan warga yang turut dalam rombongan saat itu, menuturkan. Walau tidak lagi menjabat sebagai anggota DPRD Pasbar priode ini, mereka tetap yakin pada sosok tokoh adat Kinali itu (Nazar Ikhwan Imbang Langik) untuk menumpangkan harapan kemajuan Sigunanti, Kinali umumnya.

“Kami yakin, dengan bersama potensi objek wisata Siburai-Burai ini bisa terbangkitkan. Banyak sudah yang telah dinikmati warga bukti realisasi aspirasi pembangunan yang ia retas sewaktu masih menjabat sebagai anggota DPRD dan sampai saat ini. Benar ucap beliau, pengabdian ibarat detak jantung itu telah ia buktikan hari ini,” ujar mereka. [M/BYR]

LEAVE A REPLY