Zuldafri Sosialisasikan Daya Dukung Daya Tampung Lingkungan Hidup

612

TANAH DATAR, TOP SUMBAR–Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma membuka secara resmi Sosialisasi Daya Dukung Daya Tampung Lingkungan Hidup (DDDTLH) dengan narasumber Drs. Amral, Fery M.Si Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sumatera, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Aula Eksekutif Kantor Bupati, Rabu (11/10/2017).

Zuldafri dalam kesempatan itu menyebutkan setelah mengikuti sosialisasi ini akan ada langkah jangka panjang dalam pengelolaan lingkungan yang nantinya akan disajikan untuk generasi selanjutnya, “ini adalah tangung jawab kita semua dan sebagai investasi yang luar biasa untuk generasi yang akan datang,” tutur Wabup.

Wabup juga menyampaikan dalam arahan ucapan terima kasih atas agenda dan terpilihnya Tanah Datar sebagai tempat diadakan sosialisasi yang bermanfaat untuk memberikan pemahaman peserta tentang pentingnya DDDTLH dalam P3E, “Adipura empat tahun lalu yang kita raih dapat kita jadikan penyemangat untuk melahirkan inovasi baru dalam mendorong terciptanya lingkungan apa yang kita harapkan bersama,” ucap Wabup.

Meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi penduduk dan tuntutan kebutuhan ekonomi disebut Wabup berdampak terhadap pengunaan sumber daya alam serta pemanfaatan ruang pembangunan yang diketahui bahwa salah satunya, terjadinya alih fungsi lahan terutama lahan produktif untuk lahan non pertanian serta belum optimalnya pemanfaatan rencana tata ruang yang berwawasan lingkungan dalam perencanaan pembangunan.

“Sosialisasi ini sebagai suatu kesempatan yang strategis untuk menambah wawasan dan membangun komitmen seluruh SKPD Tanah Datar untuk pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan,” tutur Wabup dalam arahannya.
Tak hanya itu Wabup berpesan agar sosialisasi ini diikuti dengan seksama dan serius agar tercapainya tujuan yang dimaksudkan, “mengingat pentingnya acara ini, diminta kepada seluruh SKPD untuk mengikuti acara ini dengan serius dari awal hingga akhir acara sosialisasi ini,” tutur Wabup yang didampingi Kadis Perkim LH Dessy Trikorina.

Sementara itu Drs. Amral Fery, M,si Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sumatera dalam sambutannya mengatakan bahwa terpilihnya Kabupaten Tanah Datar sebagai tempat diadakan sosialisasi ini tentu didukung dengan daerah yang sangat bersejarah sebagai salah satu daerah yang menjadi ikon Sumatera Barat.

Selain itu Kepala P3E mengatakan bahwa apa yang didapat nantinya agar segera diterapkan, “Saya berharap Tanah Datar menjadi contoh terkait pembangunan yang memakai prinsip keramahan lingkungan,” pungkas Amral dalam sambutannya. (H/Hms)

loading...