Wisatawan Muslim China Shalat di Masjid Raya Sumbar, Mereka Ucapkan Permohonan Maaf

582
Wisatawan Muslim China usai shalat Zuhur di Masjid Raya Sumbar dan foto bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Rabu (29/01/2020).
Wisatawan Muslim China usai shalat Zuhur di Masjid Raya Sumbar dan foto bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Rabu (29/01/2020).

15 orang wisatawan muslim asal China melakukan shalat berjamaah di Masjid Raya Sumatera Barat bersama masyarakat Padang lainnya pada, Rabu (29/01/2020).

Pegiat turis dari China Muhammad Zuhrizul mengatakan mengajak turis China muslim shalat berjama’ah ke Masjid Raya Sumbar. Ia menjelaskan tentang kunjungan turis China shalat ke Masjid Raya Sumbar karena mereka ingin mendengarkan suara adzan dan sholat langsung bersama warga muslim lainnya di Sumbar.

“Mereka wisatawan China muslim ini tidak pernah mendengar adzan di tempat asal mereka, mereka merindukan adzan yang selama ini tidak ada di tempat ia tinggal,” katanya.

Zuhrizul juga menjelaskan perjuangan turis China muslim ini untuk melihat dan ingin beribadah ke Sumbar dengan menabung selama tiga bulan, sehingga dapat berkunjung ke Sumbar namun kedatangan mereka diuji oleh virus corona dari daerah mereka yang membuat masyarakat resah,” ucapnya.

Melihat ada kebahagiaan yang dirasakan oleh wisatawan China saat melakukan shalat berjamaah dengan saudara muslim lainnya.

Usai melaksanakan shalat, wisatawan muslim asal China meminta maaf karena telah membuat resah masyarakat Sumatera Barat atas kunjungan mereka yang bertepatan dengan memanasnya isu virus corona.

Permintaan maaf itu disampaikan saat bertemu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, usai menunaikan ibadah salat Zuhur.

“Saya sampaikan maaf atas sambutan kurang simpatik dari sebagian warga Sumbar. Mereka juga minta maaf karena telah merepotkan dan meresahkan warga Sumbar,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, kepada awak media.

Gubernur menyebutkan muslim di dunia sesungguhnya bersaudara, tidak dibatasi oleh daerah maupun negara.

Sementara itu penerjemah bahasa wisatawan China, Robin menyebutkan mereka memahami kekhawatiran masyarakat Sumbar yang takut tertular virus corona sehingga tidak mempermasalahkan penolakan yang terjadi.

Namun, sejak awal 13 orang wisatawan muslim asal China itu memang sangat ingin menunaikan shalat di Masjid Raya Sumbar, sambil menikmati suasana religius di tempat itu.

Hari ini mereka mendapatkan kesempatan untuk ikut salat Zuhur bersama dan kebetulan bertemu dengan Gubernur Irwan Prayitno. (Ratna)

loading...