Wawancara Ekslusive Topsumbar Bersama Ketua Umum IPMI Tareq Albana

619
Tareq Albana
Tareq Albana

Besok, Sabtu 27 Juni 2020, bakal berlangsung dialog internasional pemuda Minang melalui Video Conference. Kegiatan tersebut diadakan oleh Minang Diaspora Network-Global (MDN-G), Universitas YARSI dan Ikatan Pelajar Minang Internasional (IPMI) dengan Tema: Mempersiapkan Generasi Emas Minangkabau untuk Dunia.

Guna mengetahui bagaimana ide awal penyelenggaraan dialog internasional pemuda Minang itu dan pertanyaan lainnya. Topsumbar selaku salah satu media partner dialog internasional pemuda Minang dunia tersebut berkesempatan melakukan wawancara dengan Ketua Umum Ikatan Pelajar Minang Internasional, Tareq Albana yang saat ini sedang menimba ilmu di Universitas AL Azhar, Cairo, Mesir.

Topsumbar.co.id :
Assalamualaikum,

Bisa dijelaskan, dialog internasional pemuda Minang besok penyelenggaran yang keberapa dan ide awalnya bagaimana?

Kemudian, hasil apa saja yang diharapkan dari dialog internasional pemuda Minang tersebut?

Tareq Albana :
Waalaikusalam,

Jadi dialog internasional pemuda Minang yang akan kita adakan besok adalah dialog yang perdana diadakan dan ini diadakan oleh Ikatan Pelajar Minang Internasional (IPMI) bekerjasama dengan Minang Diaspora Network Global (MDN-G) dan Universitas Yarsi.

Terkait ide awal penyelenggaraan dialog internasional pemuda Minang dimaksud, berawal dari ajakan Bapak Burmalis Ilyas S.Ag, S.IP, MA, M.Si, selaku Direktur Eksekutif Minang Diaspora Network Global (MDN-G) kepada kami, kepada saya selaku Ketua Umum IPMI,

Karena beliau melihat IPMI memiliki kekuatan yang besar dan memiliki anggota yang banyak di luar negeri.

Saat ini IPMI memiliki 170 orang perwakilan di 30 negara. Berdasarkan data terakhir kami, jumlah mahasiswa Minang diluar negeri lebih 3000 orang.

Nah, jadi dengan melihat kekuatan besar itu, maka Bapak Burmalis tertarik menggelar dialog internasional pemuda Minang.

Dialam dialog itu kita akan mengundang tokoh-tokoh mahasiswa Minang dari berbagai negara dan kita juga akan mengundang tokoh-tokoh pemuda Minang yang ada didalam negeri yang sudah sukses dan yang sudah memiliki kiprah dikancah Nasional.

Atas ide awal Bapak Burmalis, kita bentuklah kegiatan dialog internasional pemuda Minang.

Kedepan akan ada rangkaian acara dialog ini dengan tema yang lebih khusus, yang lebih spesifik dan dengan pembicara yang lebih khusus juga.

Kalau sekarang kita mengundang pemuda yang CEO, yang pengusaha, yang politikus, yang ketua Ormas dan yang Ketua organisasi.

Nah besok kita akan khususkan lagi, misalnya besok kita adakan dialog pemuda Minang yang khusus CEO perusahaan. Maka kita akan mengundang 5 arau 6 CEO perusahaan.

Lalu setelah itu kita akan adakan lagi dialog pemuda internasional yang khusus pembicaranya ketua-ketua organisasi. Maka kita undang ketua-ketua organisasi.

Selanjutnya mungkin ada lagi dialog internasional pemuda Minang akademisi. Maka kita undang pemuda-pemuda yang Doktor yang masih muda. Lalu akan kita ajak jadi pembicara.

Adapun hasil yang hendak dicapai atau didapatkan dari penyelenggaraan dialog internasional pemuda Minang ini, Utamanya tentu kita ingin gagasan-gagasan dari anak muda Minang dulu.

Sekarang kita punya nara sumber dari berbagai kalangan. Maka kita akan catat semua gagasan dari mereka.

Pertama, gagasan mengenai apa yang harus disiapkan oleh pemuda Minang dalam menghadapi New Normal, sekaligus menghadapi era 4.0 dan sekaligus era society 5.0.

Jadi ada tiga hal yang akan dihadapi pemuda Minang kedepannya. Maka bagaimana cara kita untuk menghadapinya?

Lalu persiapan apa yang kita butuhkan agar kita bisa melewatinya dan berhasil juga sukses di dalam era seperti ini, maka itu yang akan kita bahas dan yang akan kita dapatkan.

Nanti hasil dari dialog internasional itu akan kita publikasikan dan akan kita sebar ke seluruh mahasiswa Minang diseluruh dunia. Baik dalam negeri maupun luar negeri.

Sehingga mereka bisa mempersiapkan skill-skill yang dibutuhkan mulai dari sekarang agar tidak terkecoh, agar tidak bingung, agar tidak terkejut dengan perubahan yang akan terjadi kedepannya.

Karena perubahan itu akan lebih besar, akan lebih cepat dan akan lebih mengejutkan dari apa yang kita pikirkan sekarang.

Profile:

Nama Tareq Albana
Tanggal lahir: 10 juli 1996
Anak ke 2 dari 3 bersaudara.
Asal: Balingka Kab. Agam
SD SDN 02 Payakumbuh
SMP: Ponpes Diniyah Limo Jurai
SMA: Ponpes Diniyah Limo Jurai

Saat ini Tareq Albana kuliah di Universitas Al Azhar, Cairo, Mesir berkat program seleksi timur tengah yang diadakan oleh Kementrian agama RI.

Tareq Albana merupakan mahasiswa Jurusan Hadits dan Ilmu Hadits dan saat ini sedang mengikuti kuliah tahun terakhir.

(***)

loading...