Wali Kota Riza Falepi Buka Turnamen Skateboard di Skatepark Batang Agam

79

Wali Kota Riza Falepi mengaku terkesan dan senang melihat semangat anak-anak muda Payakumbuh dalam berolahraga, baik olahraga prestasi maupun rekreasi. Untuk menyambut energi itu, Riza terus meningkatkan fasilitas olahraga di Kota Randang.

Hal itu disampaikannya saat membuka turnamen dalam Payakumbuh Go Skateboarding Day 2021 Push And Fun yang digelar oleh komunitas skateboard anak-anak muda Payakumbuh Bluetown Skateboard di Bluetown Skatepark Kawasan Batang Agam, Minggu (20/06).

“Saya sangat mengapresiasi, ternyata komunitas skateboard di Kota Payakumbuh sangat luar biasa antusiasnya. Mudah-mudahan dengan turnamen ini, dapat melahirkan bibit-bibit atlet di cabang olahraga skateboard,” kata Riza didampingi anggota DPRD Kota Payakumbuh YB Dt. Parmato Alam dan Zainir, serta Ketua Kormi (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) Sumbar Aristo Munandar.

Wali Kota dua periode itu juga menjelaskan olahraga skateboard adalah olahraga menantang dan menyenangkan, menantang karena dibutuhkan keahlian dan kehati-hatian ditambah harus memiliki pedoman keselamatan seperti pelindung diri selama melaksanakannya. Riza berpesan kepada para peserta untuk mengutamakan keselamatan dengan memakai pelindung kepala dan lutut. Keselamatan atlet juga penting untuk mencegah terjadinya cedera.

“Bagi para peserta agar memperhatikan faktor keselamatan dengan menggunakan pakaian atau perlengkapan yang menunjang, agar terhindar dari berbagai cedera,” himbau Riza.

Dari pantauan media, Wali Kota Riza Falepi memang sangat suka berolah raga, apalagi basket dan gowes bersepeda. Kemudian, di masa kepemimpinannya Riza juga membangun lapangan olah raga terbuka Payakumbuh Bugar di kawasan Padang Kaduduak pada 2020 lalu. Untuk tahun 2021, rencananya akan diselesaikan pembangunan gedung olah raga tipe B dan pembangunan lapangan sepak bola di kawasan Batang Agam.

“Harapan saya kita bisa mencetak atlet yang bisa bersaing di kancah nasional dan dunia. Payakumbuh punya SDM yang mumpuni, kita tinggal memfasilitasinya sebagai pemerintah. Semoga harapan ini terwujud ke depannya dan itu menjadi kebanggaan kita sebagai orang Payakumbuh,” kata Riza saat itu.

Sementara itu, YB Dt. Parmato Alam menyampaikan terima kasih atas semangat olah raga rekreasi ini, semoga ke sepan olahraga skateboard ini menjadi olah raga yang lebih diminati oleh kaum milenial karna Payakumbuh merupakan satu-satunya kota di Sumatera Barat yang memiliki arena skatepark bertaraf nasional.

Menurut keterangan Ketua Panitia Turnamen Skateboard David Buana Putra menjelaskan turnamen yang diikuti oleh 56 peserta yang berasal dari Sumbar, Riau, dan Jambi ini memperebutkan hadiah tabanas sebesar Rp 6 juta, serta merchandise dari skate shop lokal dan nasional. Digelar oleh Bluetown Skateboarding Payakumbuh dalam rangka memperingati hari skateboard dunia (Internasional Skate Boarding Day).

“Peserta terdiri dari pria dan wanita dengan kategori lomba Beginner, Under15, dan Open. Dalam Kegiatan ini sekaligus dalam rangka penyerahan SK Komunitas Indonesia Skateboard (KIS) di 16 kabupaten kota,” tandas David.

(Ton)

loading...