Wakil Bupati Solok Apresiasi Alek Nagari Taruang-Taruang

742

Nagari Taruang-Taruang Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok menggelar acara Alek Nagari pada hari Minggu, (15/03/2020) yang bertempat di Nagari Taruang-Taruang.

Acara yang sangat meriah tersebut langsung dihadiri oleh Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin, SH dan Kabag Kesra Setda Kab. Solok Ahpi Gusta Tusri serta Camat IX Koto Sungai Lasi diwakili oleh Ibu Febrina Hastuti, hadir juga Wali Nagari Taruang-Taruang Rushimal Ulya dan Ketua TP PKK Nag. Taruang-Taruang Erli Pasmiwarna, S.Pd serta Tokoh Masyarakat Desra Ediwan Anantanur dan Hardinalis dan ikut dimeriahkan oleh Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak-Pandai dan Tokoh Adat serta Bundo Kanduang se Nag. Taruang-Taruang.

Yur Hendri Dt. Tejo sebagai panitia pelaksana acara mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam mensukseskan acara Alek Nagari ini.

Yur Hendri Dt. Tejo menjelaskan bahwa Alek Nagari yang kita laksanakan pada hari ini adalah berkat kerjasama dan kesepakatan seluruh lemen masyarakat yang ada di Nagari Taruang-Taruang, yang sebelumnya Alek Nagari dilaksanakan pada tahun 2001 yang lalu.

“Alek Nagari ini juga sekaligus bentuk syukuran masyarakat atas Wali Nagari baru yang terpilih pada pelaksanaan Pilwana serentak se-Kab. Solok pada tahun 2019 kemaren,” jelasnya.

Yur Hendri juga menjelaskan bahwa kegiatan Alek Nagari ini juga dihadiri oleh seluruh Niniak Mamak dan Tokoh-tokoh masyarakat se Nagari Taruang-Taruang Kecamatan IX Koto Sungai Lasi.

Yur Hendri sebagai Panitia Pelaksana Acara acara Alek Nagari juga memohon perhatian pemerintah daerah atas pembangunan balai-balai adat nagari Taruang-Taruang yang sedang dalam proses pembangunan.

Dalam kesempatan tersebut Wali Nagari Taruang-Taruang Rushimal Ulya menyampaikan bahwa salah satu tujuan acara Alek Nagari ini adalah untuk mengexpose mengenai profil Nagari Taruang-Taruang.

Rushimal Ulya juga menjelaskan bahwa Pemerintah Nagari Taruang-Taruang berkomitmen akan selalu membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan Empat Pilar Pembangunan Daerah Kabupaten Solok.

Rushimal Ulya juga menyampaikan bahwa ada 2437 jiwa penduduk di Nagari Taruang-Taruang yang terbagi pada Empat Kewalian Jorong.

Terakhir Wali Nagari Taruang-Taruang Rushimal Ulya berharap support dari pemerintah daerah untuk pembangunan dan kemajuan nagari kedepannya.

Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin, SH, pada kesempatan tersebut mengatakan sangat mengapresiasi pemerintah nagari dan masyarakat Taruang-Taruang yang telah melaksanakan kembali Alek Nagari yang merupakan salah satu budaya dan adat yang mesti kita lestarikan bersama.

Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin juga berharap melalui kegiatan Alek Nagari ini dapat mempererat hubungan silaturrahmi masyarakat khususnya di Nagari Taruang-Taruang Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok.

H. Yulfadri Nurdin, SH pada kesempatan tersebut juga berpesan kepada pemerintah nagari dan masyarakat, mengatakan bahwa untuk pembangunan dan pengembangan nagari dilakukan koordinasi dan komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah dan berbagai unsur terkait lainnya, termasuk juga dengan para perantau nagari yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

“Selain itu, lakukan juga Musrenbang dengan baik untuk menghasilkan perencanaan pembangunan yang baik pula,” tambahnya.

Terakhir Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin, SH menyampaikan kepada seluruh masyarakat yang hadir di acara Alek Nagari, bahwa pemerintah daerah akan selalu berupaya memberikan yang terbaik bagi nagari yang ada di Kabupaten Solok, baik itu dari segi pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

(Andar MK)

loading...