Vaksin Covid-19 Tiba di Padang, Petugas Kesehatan Tahap Awal

321

Vaksin Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah tiba di Padang. Informasi telah tibanya vaksin yang ditunggu banyak pihak itu diinformasikan Kepala Dinas Kominfo provinsi Sumatera Barat, Jasman Rizal, pukul 13:12 siang ini.

“Vaksin Covid-19 sudah sampai dan diterima dengan baik di Gudang Farmasi Provinsi Sumbar pkl 08.30 WIB, sebanyak 36.920 Dosis (19 koli),” terang Jasman kepada awak media, Selasa (05/01/2021).

Vaksin Corona Sinovac tiba di Padang dengan menggunakan mobil boks lalu disimpan dalam cold chain di Gudang Farmasi Provinsi Sumbar, Vaksin Corona Sinovac diberangkatkan dari biofarma disimpan di tiga ruangan dan dipastikan telah steril.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbar, Arry Yuswandi mengatakan untuk pendistribusian Vaksin Corona Sinovac ini masih menunggu arahan dari pusat.

“Instruksi saat ini dari pusat vaksin disimpan dulu di provinsi masing-masing,” kata Arry.

Setelah selesai melakukan pengisian data untuk seluruh kabupaten kota di Sumbar baru didistribusikan.

“Kita menunggu tambahan informasi dari BPOM terkait penggunaan vaksin ini,” tambah Arry.

Ia juga menjelaskan bahwa tahap pertama yang akan mendapatkan vaksin adalah tenaga kesehatan dan tenaga pendukung lainnya yang berada di fasilitas kesehatan seperti cleaning service, tenaga laundry, dan tenaga keamanan.

Kuota dosis untuk Sumbar sebanyak 36.920 dosis yang didistribusikan pemerintah pusat ke daerah Sumbar. Jumlah dosis tersebut sesuai data tenaga kesehatan yang telah dikirimkan dinkes ke pusat. (Ha)

loading...