Usia ke 50 Tahun, Kota Solok Terima IGA 2020

207

Diusia Kota Solok yang ke 50 tahun, Pemerintah Kota (Pemko) Solok kembali diapresiasi oleh Pemerintah Pusat sebagai salah satu kota yang Pemerintah Daerahnya sangat inovatif. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Syaiful A, dalam acara penganugerahan yang digelar di Hotel Sultan Jalan Gatot Subroto Jakarta, Jumat (18/12/2020).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Agus Fatoni dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) Award 2020 ini setelah melakukan penjaringan, validasi dan penilaian secara online melalui aplikasi Inovasi Pemerintah, atas beragam inovasi yang diselenggarakan oleh sebagian besar pemerintah daerah baik tingkat propinsi, kabupaten/kota.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Departemen Dalam Negeri Dr. Ir Muhammad Hudori, M.Si dalam sambutannya mengatakan penghargaan ini diberikan atas upaya pemerintah daerah melakukan terobosan baru dan inovasi dan penerapannya dalam penyelenggaraan pelayanan publik, tata kelola pemerintahan daeran dan penyelenggaraan urusan pemerintah daerah, yang akhirnya berimplikasi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Melihat besarnya dampak dari inovasi ini selayaknya menjadi visi dan budaya pemerintah daerah, sekaligus menjadi katalisator dalam mempermudah iklim investasi di daerah,” kata Muhammad Hudori.

Sekdako Solok yang hadir dalam kesempatan itu didampingi Kepala Sub bagian Penghubung Bagian Prokomp Yopi Permana, SSTP, M. Si menyampaikan bahwa Trophy/ Piagam IGA yang diterima adalah Kategori Pemerintah Daerah Sangat Innovatif berdasarkan Indeks Penilaian Inovasi Daerah 2020.

“Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi Pemerintah kepada Pemko Solok, atas upaya Pemko Solok yang terus menerus dan konsisten berinovasi dalam menjalankan dan meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerahnya,” kata Syaiful usai acara penyerahan.

Syaiful juga menyampaikan bahwa keberhasilan Pemko Solok dalam meraih penghargaan sebagai Pemerintah Daerah Sangat Inovatif ini, tidak terlepas dari upaya bersama dari seluruh unit kerja pemerintah daerah yang digawangi oleh sumber daya aparatur yang kreatif, dan mampu melahirkan cara-cara baru dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kota Solok.

“Sehingga mempermudah pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang berdampak pada meningkatnya partisipasi publik baik dalam hal meminta pelayanan pemerintahan maupun dalam investasi di daerah,” paparnya.

Dilanjutkan Syaiful, kita berharap melalui peningkatan kinerja, daerah akan mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat yaitu melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat dan peran serta masyarakat, terakhir dengan apa yang disebut peningkatan daya saing daerah.

Ditempat lain, terkait penghargaan IGA yang diterima, Walikota Solok Zul Elfian usai peresmian Masjid Al Hidayah Kelurahan VI Suku menyampaikan apresiasinya kepada seluruh stakeholder, terutama seluruh aparatur Pemko Solok dibawah komando Sekdako dan koordinasi Balitbang Kota Solok, yang tidak pernah berhenti berinovasi dalam upaya efektivitas dan efisiensi pelayanan kepada masyarakat.

“Terima kasih karena tidak berhenti berinovasi, saya harapkan ini tentunya tidak berhenti pada tataran apresiasi ini. Namun yang terpenting pada tataran aplikasinya ditengah-tengah masyarakat, sehingga dapat dirasakan manfaatnya dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Solok Kota Beras Serambi Madinah ini,” harap Zul Elfian. (Syafri)

loading...