Tingkatkan Literasi Sumbar, Nasrul Abit : Pemprov Apresiasi Karya Para Guru

465

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dalam acara peringatan Hardiknas 2018

PADANG, TOP SUMBAR — Terkait penyerahan karya guru dalam bentuk buku-buku, kita memberikan apresiasi dan penghargaan pada guru yang telah menunjukkan hasil karyanya sebagai sebuah program peningkatan kemampuan literasi di Sumatera Barat.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit disela-sela acara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), di halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat, Rabu (2/5).

“Para guru harus mampu menulis, sehingga hasil buah pikirannya dapat dinikmati oleh generasi mendatang. Sumatera Barat merupakan negeri para penulis dan semua itu harus kita lestarikan,” kata Nasrul Abit.

Dilanjutkan Nasrul Abit, guru teruslah belajar, kegiatan pengembangan keprofesionalan berkelanjutan menjadi keharusan. Hal ini disebabkan oleh karena anak didik sebuah profesi dinamis, sejalan dengan dinamika hidup. Guru berdiri di depan dalam memandu tumbuh kembang anak dalam menyonsong masa depannya.

“Kepada Dinas Pendidikan beserta jajarannya, termasuk para Kepala Sekolah (Kepsek) dan guru yang telah menyelenggarakan Ujian Nasional 2018 dengan aman dan lancar,” ucapnya.

Nasrul Abit mengungkapkan, dalam pengamatan yang ada saat ini, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) telah terlaksana 99,6 persen peserta, Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) 87 persen peserta. Sedangkan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) baru 49 persen peserta.

“Untuk itu, kepada Bupati dan Walikota untuk memprioritaskan pengadaan komputer 30 persen peserta Ujian Nasional (UN) di jenjang SMP/MTs. Karena melalui UNBK para siswa memiliki waktu lebih lama untuk berpikir dibandingkan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP), sehingga hasil ujian lebih baik,” Himbau Nasrul Abit.

“Melalui peringatan Hardiknas tahun ini, kita berharap pada Kepsek, guru serta pengawas sekolah untuk berupaya semaksimal mungkin meningkatkan mutu pendidikan. Saat ini target kita sudah lebih tinggi lagi masuk dunia kerja bagi tamatan SMK, dan masuk perguruan tinggi favorit bagi SMA menjadi impian kita semua,” ajak Nasrul Abit.

Peringatan Hardiknas 2018 ini ditandai dengan penyerahan hasil karya 1.000 tulisan guru dalam buku yang diterima Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit. Buku ini nantinya akan diserahkan ke Dinas Perpustakaan Provinsi, sebagai salah satu meningkatkan minat literasi di Sumatera Barat.

Hadir dalam kesempatan tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat. (Syafri/rel)

loading...