Tim Penilai Kelurahan Berprestasi Sebut Padang Panjang Kota Tercepat dalam Penanganan Covid-19

96

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah mengatakan, dari 16 kabupaten/kota di Sumbar yang mengikuti lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi, Kota Padang Panjang dianggap lebih cepat dalam penanggulangan Covid-19.

Hal ini disampaikan Syafrizal dalam sambutannya selaku ketua Tim Penilai pada acara penilaian Kelurahan Berprestasi di Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur, Senin (21/06/2021).

Dikatakannya, penilaian lomba kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun lalu penilaian lebih ke arah ekonomi, namun tahun ini penilaian mengarah pada penanggulangan dan upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di tingkat kelurahan. Temanya, “Desa dan Kelurahan Bangkit, Sehat, Maju dan Sejahtera Dimasa Pandemi Covid-19”.

“Sebenarnya yang berlomba itu bukan lurahnya. Yang berlomba itu pemerintah daerah, antar pemerintah daerah. Apabila tidak ada peran dari kepala daerahnya, sentuhan dari sekda-nya, tentu kelurahan menghadapi lomba ini dengan seadanya,” tuturnya.

Sementara itu, Wali kota (Wako) Padang Panjang Fadly menyampaikan, evaluasi yang dilakukan tim penilai, semata-mata untuk memaksimalkan fungsi birokrasi pemerintah di tengah masyarakat.

“Banyak tanggung jawab yang harus kita lakukan di berbagai bidang. Tim penilai akan melihat ini, bagaimana Kelurahan Ganting betul-betul bisa merepresentasikan kelurahan yang baik, kelurahan yang tata kelola manjemennya baik dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat banyak,” ucapnya.

(AL)

loading...