Tiga Nama Terpilih Dalam Tahapan Pemilihan Rektor UNP

647

Tahapan kedua pemilihan Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) periode 2020-2024 sudah dilaksanakan oleh panitia pemilihan rektor, dan itu tentunya tetap mengacu pada peraturan menteri dalam menjalankan amanat Undang-undang Dasar (UUD) dibidang pendidikan.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Senat UNP Prof Z. Mawardi Effendi pada TopSumbar.co.id di Gedung Rektor UNP, Rabu (26/2/2020).

“Hari ini pemberian suara dan memilih tiga dari empat menjadi calon rektor periode 2020-2024, dan telah diperoleh tiga orang calon,” kata Prof Z. Mawardi Effendi.

Lebih lanjut ia menyebutkan, 3 orang terpilih itu adalah Prof Ganefri yang memperoleh 77 suara, Prof Syahrial Bahtiar memperoleh 17 suara dan Bapak Refnaldi memperoleh 1 suara. Sedangkan Bapak Mawardi tidak mendapatkan suara.

“Dari 96 senat, 1 orang sedang sakit dan yang memberikan suara 95 senat. 3 orang terpilih sudah ditetapkan oleh senat dan disepakati bahwa sebagai calon rektor periode 2020-2024 yang segera dikirim ke kementrian,” terangnya.

Menurut panitia, disebutkan Prof Z. Mawardi Effendi, berkemungkinan Jumat (28/2/2020), akan diantar ke Jakarta namun kita masih memiliki waktu 1 minggu setelah melaksanakan proses penyaringan ini.

“Selanjutnya kita laksanakan tahapan ketiga yaitu pemilihan yang telah direncanakan pada 12 Maret 2020, dan itu kalau disetujui oleh bapak mentri,” katanya.

Dijelaskan Prof Z. Mawardi Effendi, nanti mentri mungkin akan menunjuk pejabat di kementerian untuk ikut melakukan pemilihan, dimana 35 persennya adalah suara kementerian.

“Siapapun rektor yang terpilih nantinya, senat tentunya mengharapkan rektor yang mampu memajukan UNP ini. Karena UNP memiliki mimpi yang besar, yang maunya seperti Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH),” ucapnya.

Dalam 4 tahun ini, lanjutnya, UNP yang dulunya rengking 88 secara nasional sekarang sudah maju menjadi peringkat 25. Sekarang ada 4 program studi yang terakreditasi internasional.

“Selain itu, senat juga berharap rektor itu mampu menjaga nama baik universitas. Memberikan kenyamanan pada dosen dan pegawai dalam bekerja, dan tentunya melayani mahasiswa dengan baik,” sebutnya.

Prof Z. Mawardi Effendi juga menambahkan, dalam pemilihan rektor nanti suara mentri sebanyak 52 suara dari 148 pemilih yang memberikan suara. (Syafri)

loading...