Sumbar Siap Jadi Tuan Rumah MTQ untuk Tahun 2020

306

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit bersama yang lainnya

PADANG, TOP SUMBAR — Direktorat Jendral (Dirjen)  Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama, Prof Dr. Muhammadiyah Amin menegaskan, Sumatera Barat memiliki fasilitas yang cukup baik jika ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ)  di tahun 2020, terutama dukungan dari masyarakat,  perguruan tinggi.

“Namun, tentunya tetap kita tunggu keputusan Pak Menteri Agama nantinya,” ujarnya bersama tim di sela-sela melakukan verifikasi kesediaan fasilitas Sumatera Barat jadi tuan rumah MTQ Nasional ke XXVIII tahun 2020, di Padang, Sabtu (18/8).

Ikut mendampingi tim verifikasi, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, Kakanwil Kemenang, Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran, Kabiro Bintal Setdaprov Sumatera Barat serta beberapa pejabat dilingkungan Kemenag Sumatera Barat.

Muhamadiyah Amin mengatakan, dari hasil pertemuan, Sumatera Barat layak jadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ tahun 2020. Pertama, mendapat dukungan masyarakat, perguruan tinggi dan elemen lain, hotel-hotel, serta dukungan pendanaan dari DPRD bersama Pemprov Sumatera Barat.

“Kedua, Sumatera Barat adalah negeri yang daerah dan budaya Islami,  tentu dengan penyelenggaraan MTQ akan mampu meningkatkan siar Islam dan keiman masyarakat di daerah ini,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini ada tiga daerah yang telah mengajukan usulan untuk menjadi tuan rumah MTQ tahun 2020, yakni Kalimatan Selatan, Kalimatan Tengah dan Sumatera Barat.

“Kita tunggu saja pengumuman Menteri Agama pada penutupan MTQ Nasional ke XXVII di Medan Provinsi Sumatera Utara pada bulan Oktober nanti,” ucapnya.

Wakil Gubernur Nasrul Abit dalam pertemuan menyampaikan, masyarakat Sumatera Barat menjadi tuan rumah MTQ Nasional tahun 2020 merupakan harapan dan mimpi setelah 35 tahun lalu Sumatera Barat menjadi tuan rumah MTQ Nasioanl ke 13 tahun 1983.

Saat ini, katanya, fasilitas pendukung penyelenggaraan MTQ 2020 lebih lengkap, ada beberapa fasilitas perguruan tinggi yang cukup baik, seperti Univesitas Negeri Padang,  Universitas Putra Indonesia, Universitas Islam Nageri,  Unverisitas Andalas,  Baiturrahamah, disamping ada Masjid Raya Sumatera Barat sebagai sentra kegiatan nantinya.

“Ada hotel berbintang yang siap menampung 10.000 orang tamu dan ketersedian transportasi yang cukup. Soal penganggaran penyelenggaraan MTQ Nasional ke XXVIII akan dianggarkan tahun jamak, 2019 dan 2020 dan tetatif anggaran yang disediakan sebesar Rp125 Miliar. Jika masig kurang nanti akan dicukup pada tahun penyelenggaraan,” ungkap Nasrul Abit.

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan pesan Gubernur Irwan Prayitno,  untuk bangunan menumental adalah Maen Studion di Padang Padang Pariaman. Dimana diharapkan nanti akan dibuka oleh presiden RI nantinya di lokasi ini, sekaligus peresmian Maen Studion Sumatera Barat di Padang Pariaman ini.

“Bagi kita penyelenggaraan MTQ Nasional nantinya akan menjadi momentum membangkitkan kembali siar membaca dan memperlajari Al Qur’an di tengah-tengah masyarakat, memperkuat filosofi Adat Basandi Syarak, Syarak Bansandi Kitabullah (ABS-SBK),” pungkas Nasrul Abit. (Syafri)

loading...