SMPN 5 Batusangkar Juara 1 Lomba Cerdas Cermat Museum, Melaju ke Tingkat Nasional

159

SMPN 5 Batusangkar, Tanah Datar berhasil menjadi juara pertama Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang diadakan di Museum Adityawarman Padang, Senin, 21 Juni 2021 lalu.

Pada grand final SMP 5 berhasil meraih nilai 3.350 dan mengungguli SMPN 2 Koto Besar, Kab. Dharmasraya.

Kabid SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar, Agusli mengatakan keberhasilan tim SMP 5 sebagai juara pertama LCCM telah melalui perjuangan panjang dan cukup berat.

“Babak penyisihan pada 5 April lalu secara daring mampu dilewati dengan baik,” kata Agusli dilansir Topsumbar.co.id¬†dari laman Humas Setdakab Tanah Datar, Rabu (23/06/2021).

Kemudian sebut Agusli, setelah melewati babak penyisihan berlanjut ke babak semifinal dan tergabung dalam grup 2 yang dihuni utusan Kota Padang dan Kabupaten Solok.

” Di grup ini atau di semifinal inipun tim LCCM SMPN 5 Batusangkar mampu menjadi pemenang dan berlanjut mengalahkan utusan Kabupaten Dharmasraya di grand final,” sebut Agusli.

Atas keberhasilan sebagai juara pertama, tambah Agusli, tim LCCM SMPN 5 Batusangkar terdiri dari Israqul Haqi Aghifari, Nadya Aqila Mustika, dan Geysa Declaria Ahda berhak mewakili Provinsi Sumbar untuk berkompetisi di ajang yang sama di tingkat Nasional.

“Prestasi siswa binaan Agusnir dan Metra Susila untuk mewakili Sumbar menuju ajang LCCM Tingkat Nasional tentunya sebuah prestasi yang membanggakan dan membuat nama Tanah Datar semakin harum di tingkat provinsi ataupun nasional,” kata Agusli.

Terpisah, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Tanah Datar, Yusrizal yang juga menjabat sebagai ketua Komite SMPN 5 Batusangkar menyampaikan ucapan dan ungkapan selamat atas prestasi yang diraih.

“Alhamdulillah, prestasi yang diraih ini menjadi kebanggaan kita semua dan tentunya akan melengkapi prestasi lain yang telah diperoleh sebelumnya,” ujar Yusrizal.

Dan atas prestasi ini, tambah Yusrizal, tentunya tidak terlepas dari dukungan dan kerja keras majelis guru terutama guru pembimbing serta dorongan dari orang tua.

“Ucapan terima kasih tentunya tidak lupa disampaikan kepada guru pembimbing yang telah bekerja keras membimbing siswa serta dorongan orang tua sehingga mampu meraih prestasi ini. Ke depan tentunya diharapkan lagi kerja kerasnya lagi agar juga bisa menjadi juara pertama di tingkat nasional,” tukas Yusrizal.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 5 Batusangkar, Jalinus mengatakan keberhasilan siswanya lolos ke LCCM Tingkat Nasional tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi keluarga besar SMPN 5 Batusangkar.

“Sesuai dengan Visi SMPN 5, ‘Membangun Generasi Cemerlang Berlandaskan IPTEK dan IMTAQ’, kami bersama majelis guru turut memberikan motivasi sehingga Tim LCCM SMPN 5 Batusangkar meraih prestasi prestasi terbaik. Semoga SMPN 5 Batusangkar berjaya di tingkat nasional dan harumkan nama sekolah ataupun Tanah Datar Luhak Nan Tuo,” harapnya.

(AL)

loading...