Serba Serbi Polandia : Panek

203

Oleh: Taufiq Lamsuhur

Jika anda berkesempatan berkunjung ke negara Polandia, salah satu yang menarik adalah adanya mobil “panek”.

Bagi orang Minang, mungkin cukup menarik karena “panek” berarti lelah atau penat.

Ternyata bukan, panek adalah perusahaan sewa menyewa mobil yang ada di Polandia, yang sistem bisnisnya sangat menarik dan kompetitif.

Dengan sistem tersebut anda bisa memilih berbagai jenis dan tipe mobil, mulai dari kelar smart car hingga mobil mewah.

Tersedia Skoda, Toyota, Honda, Renault, Fiat, Hyundai, Ford, Piegeot, Dacia, Volkswagen, KIA, Volvo, BMW, Opel, Mercedes dan bahkan kelas jaguar.

Jenis transmisinya juga dapat dipilih : manual atau matic. Jenis bahan bakan juga bisa disesuaikan dengan keinginan : bensin, solar, hybrid atau listrik.

Di samping itu, anda juga bisa memilih metode sewanya, mulai dari per-jam (bahkan per-menit), per-km, harian, bulanan atau bahkan tahunan.

Dan yang juga menarik adalah bahwa sebagai penyewa anda juga bisa meninggalkan kendaraaan dimana pun, dalam arti di tempat parkir publik yang gratis dimana saja di Polandia.

Juga terdapat paket parkir berbayar dalam kontrak sewa, sehingga anda bisa meninggalkan kendaraan di tempat parkir berbayar tanpa mesti melakukan transaksi pembayaran di mesin-mesin parkir.

Dengan sistem aplikasi saat ini, untuk menyewa panek, pelanggan cukup mendaftar di aplikasi. Nanti mereka akan dituntun untuk mendapatkan mobil panek terdekat yang bisa langsung dikendarai.

Saat ini hampir semua armada panek juga dapat dikendarai tanpa perlu kunci karena sistem pintu telah bisa dibuka dengan kode tertentu yang dikirim via aplikasi.

Jadi tidak perlu harus selalu ke kantor-kantor cabang yang ada dihampir seluruh kota besar di Polandia.

Saat ini panek juga mulai membidik negara-negara di Eropa Tengah lainnya. Panek telah beroperasi di beberapa kota tertentu di negara Ceko (Praha) dan Lithuania (Vilnius, Kaunas, Kleipeda).

Rupanya perusahaan car sharing ini, dibangun dan dikembangkan oleh Maciej Panek sejak tahun 2000 secara bertahap di Kota Lubin, Provinsi Lower Silesia, Polandia. Sejak tahun 2017, panek membuat branding baru “car sharing” untuk panek.

Panek saat ini telah menjadi perusahaan car-sharing terbesar di Eropa Tengah dan nomor 9 terbesar di Eropa. Beberapa perusahaan sejenis lainnya yang beroperasi di Eropa adalah : CarUnity (Jerman), Tamyca (Denmark), DriveNow (Jerman), Autolib Perancis), dan Ubeeqo (Inggris).

Penulis:
Taufiq Lamsuhur
Counsellor Ekonomi pada KBRI Warsawa, Polandia
Pengamat Isu-isu Sosial

loading...